Breaking News:

Advertorial

Webinar Nasional Series 1 PUI WAHYD  Universitas Jambi dengan Tema: DAS: Food and Hydropower

Topik webinar PUI WAHYD mempertimbangkan keterkaitan kondisi dan nilai strategis DAS dengan potensi untuk mendukung penyediaan air, pangan, dan...

Webinar Nasional Series 1 PUI WAHYD  Universitas Jambi dengan Tema: DAS: Food and Hydropower
Istimewa
Foto bersama panitia, moderator dan marasumber

Webinar Nasional Series 1 Pusat Unggulan Ipteks Watershed Management and Hydropower (WAHYD) Universitas Jambi dengan Tema: DAS: Food and Hydropower

TRIBUNJAMBI.COM - Dalam rangka pengembangan institusi sekaligus mengembangkan kapasitas SDM yang dimiliki PUI WAHYD, diperlukan kegiatan-kegiatan yang dapat menambah ilmu dan pengetahuan yang dimiliki. Dalam era digital ini, berbagai pengetahuan terbaru banyak tersedia baik melalui media seperti website dan media sosial.

Penempatan pengetahuan baru di dunia digital juga dilakukan tidak secara pasif dan satu arah. Penempatan dilakukan dengan sistem yang dapat interaktif dan mampu memicu terjalinnya komunikasi antara produsen ilmu pengetahuan dengan pengguna ilmu pengetahuan.

Salah satu perkembangan teknologi informasi yang menarik adalah telekonferensi. Telekonferensi adalah percakapan langsung jarak jauh dengan media seperti televisi atau telepon. Penggunaan telekonferensi memiliki kelebihan efektivitas biaya dan waktu. Telekonferensi secara umum dapat dibagi menjadi 3 kelompok besar yaitu: konferensi audio, konferensi video, dan web conference. Dari kelompok web conference, ada satu konsep yang sedang populer saat ini yaitu webinar.

Webinar  adalah suatu seminar, presentasi, pengajaran ataupun workshop yang dilakukan secara online, dapat diibaratkan pertemuan (meeting) tatap muka secara online yang disampaikan melalui media Internet yang dapat dihadiri oleh banyak orang yang berada di lokasi berbeda-beda. Konsep webinar memang menjadi pilihan yang memberikan solusi era digital saat ini, dimana orang yang memiliki keterbatasan waktu dan jarak dapat difasilitasi untuk melakukan pertemuan online dengan webinar. Telekonferensi dan webinar dapat digunakan untuk berbagai aktifitas seperti: pelatihan jarak jauh, wawancara kerja/mahasiswa, rapat, monitoring dan evaluasi kegiatan, dan lain-lain.Dalam pelaksanaannya, Webinar ini melibatkan berbagai stakeholders seperti forum DAS, akademisi, peneliti, tokoh  masyarakat, Pemerintah Daerah setempat, Kementerian terkait, LSM.

Persiapan kegiatan oleh panitia
Persiapan kegiatan oleh panitia (Istimewa)

Topik webinar PUI WAHYD mempertimbangkan keterkaitan kondisi dan nilai strategis DAS dengan potensi untuk mendukung penyediaan air, pangan, dan energy bagi kehidupan masyarakat, teknologi pengelolaan DAS, adaptasi pengelolaan DAS dengan era revolusi industri 4.0, local knowledge berkaitan dengan pengelolaan DAS. Oleh karena itu, webinar akan dilaksanakan secara series dengan topik yang berbeda.

Adapun Secara umum tujuan dilaksanakannya kegiatan Webinar ini adalah meningkatkan pemahaman stakeholders terhadap konsep DAS dengan  mengikuti seminar terkait pengelolaan DAS dan hydropower dalam hal teknologi, desain penelitian, dan rancangan kebijakan serta pemahaman akan pengetahuan local dalam pengelolaan DAS.. kedua sebagai sosialisasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya pengelolaan DAS demi keberlangsungan penghidupan dalam kawasan DAS dan keberlanjutan fungsi ekologi, social dan ekonomi DAS.

Sambutan oleh ketua PUI WAHYD
Sambutan oleh ketua PUI WAHYD (Istimewa)

Sedangkan tujuan khusus kegiatan Webinar ini adalah para stakeholders terkait pengelolaan DAS memahami hubungan penting (nexus) antara Pangan, Energi dan Air dan  nilai strategis DAS Batanghari dalam penyediaan pangan dan energi pengelolaan DAS Batanghari. Juga meningkatkan pengetahuan mengenai teknologi konservasi tanah dan air pengelolaan DAS yang berkembang saat ini serta inovasi yang ada dalam perkembangan teknologi era industry 4.0 Dan terakhir melestarikan pengetahuan lokal dan pengetahuan hijau dalam mengelola DAS serta meningkatkan peran masyarakat dalam pengelolaan DAS.

Webinar Nasional ini dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2020 secara daring. Metode pelaksanaan kegiatan webinar nasional series 1 PUI WAHYD adalah dengan metode teleconference/webinar dengan menggunakan sumberdaya media internet dari LPTIK UNJA dan diskusi/rapat tim pelaksana. Pihak panitian melaksanakan kegiatan secara bersama dari Gedung ADB Lantai 2 Universitas Jambi, Mendalo Jambi. Sedangkan peserta webinar mengikuti kegiatan dari tempat masing-masing. Tahapan Kegiatan, mencakup persiapan webinar, pelaksanaan, dan pelaporan. Webinar diikuti oleh 382 peserta (terlampir) yang tersebar dari Aceh hingga Merauke dan berprofesi sebagai dosen, mahasiswa, masyarakat umum, instansi dan juga dari pemerintahan.

Penyampaian materi oleh narasumber
Penyampaian materi oleh narasumber (Istimewa)

Webinar Nasional PUI WAHYD Series 1 dilaksanakan dengan tema “DAS: Food and Hydropower” dengan rincian topik masing-masing narasumber adalah sebagai berikut:

1. Pengelolaan DAS: Food-Energy-Water Nexus (Direktur Pengelolaan DAS dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)

2. Nilai Strategis DAS Batanghari dalam Penyediaan Pangan dan Energi (Ketua Forum DAS Provinsi Jambi)

3. Strategi PUI WAHYD untuk pengelolaan DAS Berkelanjutan (Ketua PUI WAHYD Unja)

Penyampaian materi narasumber Forum DAS Jambi dan Ketua PUI WAHYD
Penyampaian materi narasumber Forum DAS Jambi dan Ketua PUI WAHYD (Istimewa)

Webinar Nasional ini diikuti oleh peserta yang tersebar dari Aceh hingga Merauke yang berprofesi sebagai dosen, instansi pemerintahan, mahasiswa, dan masyarakat diharapkan dapat memperoleh pengetahuan mengenai DAS: Food and Hydropower yang bisa mendukung pengelolaan DAS dan pertanian berkelanjutan baik ditingkat lokal, Nasional bahkan internasional.

Editor: Edmundus Duanto AS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved