Virus Corona

Satgas Covid-19 Kecewa, Jumlah Daerah Masuk Zona Merah Naik Drastis

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito kecewa karena jumlah daerah masuk ke status zona merah naik cukup drastis.

Editor: Rahimin
ISTIMEWA
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Kamis (1/10/2020). Satgas Covid-19 Kecewa, Jumlah Daerah Masuk Zona Merah Naik Drastis 

Satgas Covid-19 Kecewa, Jumlah Daerah Masuk Zona Merah Naik Drastis

TRIBUNJAMBI.COM - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito kecewa karena jumlah daerah masuk ke status zona merah naik cukup drastis.

Sementara, ada penurunan jumlah daerah dengan status zona hijau.

"Saya sangat kecewa karena pada periode ini jumlah kabupaten/kota zona merah bertambah hampir dua kali lipat dibanding pekan sebelumnya. Selain itu jumlah daerah zona hijau pun semakin menipis," ujar Wiku dalam konferensi pers daring yang ditayangkan kanal YouTube BNPB, Selasa (1/12/2020).

Baca juga: Anies Baswedan Positif Covid-19, Fadli Zon: Semoga Lekas Pulih Bro, Kembali Bangun Jakarta

Baca juga: Kisah Ali Kalora Pimpinan MIT Paling Diburu Aparat, Terlibat Teror Sigi, Menyamar Jadi Warga Lokal

Baca juga: Ahok Bermasalah Lagi, Kasus Pembelian Lahan di Cengkareng Kembali Diungkap MAKI

Berdasarkan data yang dihimpun Satgas hingga 29 November 2020 tercatat ada 50 kabupaten/kota berstatus zona merah. Jumlah ini meningkat dari sebelumnya yang tercatat sebanyak 28 kabupaten/kota berstatus zona merah

Dari data yang sama, tercatat jumlah daerah berstatus zona hijau sebanyak enam kabupaten/kota. Jumlah ini berkurang daripada sebelumnya di mana tercatat 10 kabupaten/kota berstatus zona hijau.

Merujuk kepada data tersebut, Wiku mengajak pemerintah pusat, daerah dan masyarakat untuk mengevaluasi komitmen dalam penanganan Covid-19.

"Keadaan ini jiga harusnya menjadi catatan keras bagi kita untuk terus memperbaiki diri. Bagi masyarakat jangan pernah abaikan protokol kesehatan," tegas Wiku.

"Karena capet atau lambat anda akan jadi tertular Covid-19 jika lengah. Kami minta pemda selalu evaluasi penerapan 3M dan 3T di daerah," tambah Wiku.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun pemerintah hingga Selasa (1/12/2020), ada penambahan 5.092 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Baca juga: Hore, Gaji PNS dan PPPK Dinaikkan, Cek Daftar Besaran Gaji PNS dan PPK Yang Terbaru

Baca juga: Mahfud MD Berang, Rumah Ibunya di Madura Digeruduk Ratusan Orang: Mereka Mengganggu Ibu Saya!

Baca juga: KPK Kumpulkan Bukti, Ada Indikasi Aliran Dana ke Ali Mochtar Ngabalin di Kasus Suap Ekspor Lobster

Penambahan itu menyebabkan jumlah total kasus Covid-19 di Indonesia kini mencapai 543.975 orang, terhitung sejak diumumkannya pasien pertama pada 2 Maret 2020.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satgas: Daerah Zona Merah Penularan Covid-19 Naik Hampir 2 Kali Lipat", 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved