Breaking News:

Pilkada di Tanjabtim

Ini Penjelasan KPU Tanjabtim Soal Tata Cara Pencoblosan di Masa Pandemi 9 Desember Mendatang

Pertama, pihak penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPPS akan melakukan sterilisasi TPS dengan penyemprotan desinfektan dan dilakukan secara bertahap.

Tribunjambi/Hendro Sandi
Ilustrasi Pilkada Jambi di masa pandemi Covid-19 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Jelang Pilkada serentak 9 Desember 2020 di masa pandemi, KPU Tanjabtim menjelaskan tata cara pencoblosan.

Komisioner KPU Tanjabtim, Abd Haris menjelaskan, ada beberapa teknis dalam masa pencoblosan di tengah pandemi Covid-19.

Pertama, pihak penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPPS akan melakukan sterilisasi TPS dengan penyemprotan desinfektan dan dilakukan secara bertahap.

"Sebelum pemilih memasuki ruangan TPS, pemilih wajib terlebih dahulu mencuci tangan, suhu tubuh diukur dengan thermogun dan diberikan sarung tangan. Jika suhu tubuhnya di atas normal, maka akan menempati bilik khusus," ujar Haris, Senin (23/11/2020).

Baca juga: Amankan Pilgub Jambi 2020, Polres Merangin Turunkan 400 Personil

Baca juga: Trailer Ikatan Cinta Malam Ini 23 November 2020, Andin Tinggalkan Al Sampai Tega Bilang Begini

Baca juga: KUMPULAN Nama Bayi Laki-laki Islami Lengkap Dengan Artinya, Kaki langit dan Anak Yang Soleh

Haris juga menjelaskan, para pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya datang ke TPS membawa formulir C6 (undangan), e-KTP, atau surat keterangan lainnya dari dukcapil jika belum ada e-KTP.

Para pemilih harus memakai masker, apabila pemilih tidak memakai masker maka petugas TPS akan memberikan masker kepada pemilih.

"Petugas akan mengecek kartu undangan mencoblos. Kami juga menyiapkan Tiga kotak masker bagi pemilih yang lupa membawa. Para pemilih juga nantinya akan diberikan sarung tangan sekali pakai (berbahan plastik) untuk proses pemungutan suara," jelasnya.

Lanjut, Haris juga menuturkan, jika ditemukan surat suara rusak, maka penggantian surat suara yang baru dengan persetujuan panitia dan saksi TPS.

"Sebelum melakukan pencoblosan surat suara di bilik suara yang ada, pemilih diharapkan mengecek terlebih dahulu," tuturnya.

Terakhir, Setelah menggunakan hak pilihnya, pemilih akan membuang sarung tangan plastiknya dan diteteskan tinta di jari tangan dan warga dipersilakan meninggalkan TPS. Pemilih juga tidak diperkenankan menunggu atau berkerumun di lokasi TPS.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved