Breaking News:

Harga Komoditas Jambi

Harga Komoditas Perkebunan Jambi Masih Tinggi, Kopi Arabika di Sungai Penuh Termahal

Harga komoditi perkebunan seperti kelapa di beberapa kabupaten di Provinsi Jambi pada minggu ketiga November masih tinggi.

ist
Kopi Arabika Sungai Penuh. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Harga komoditi perkebunan seperti kelapa di beberapa kabupaten di Provinsi Jambi pada minggu ketiga November masih tinggi.

Daftar harga komoditi perkebunan dari petani seperti kelapa, kakao dan kopi diperoleh dari Dinas Perkebunan Provinsi Jambi dari beberapa kabupaten.

Kepala Bidang Standarisasi Harga dan Pemasaran Hasil Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Putri Rainun melalui analisis hasil pasar perkebunan menyampaikan harga komoditi tersebut.

Kabupaten-kabupaten tersebut meliputi, Kabupaten Batanghari, Muaro Jambi, Bungo, Tebo, Merangin, Tanjung Jabung Timur, Sungai Penuh dan Kerinci.

“Berdasarkan laporan tersebut, untuk harga kelapa saat ini tertinggi pada kabupaten Bungo dan Muarojambi yaitu Rp5.000 per kilogram,” ujar Irwadi Hamdi, Analisis Hasil Pasar Perkebunan Provinsi Jambi, di Kantor Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, (22/11).

Selanjutnya, di Kabupaten Batanghari, Sungai Penuh, Tebo dan Merangin harga kelapa sebesar Rp4.500 per kilogram, Kabupaten Kerinci Sebesar Rp4.000 per kilogram dan terendah Kabupaten Tanjung Jabung Timur sebesar Rp2.200.

Untuk harga komoditi kakao tertinggi di Kabupaten Kerinci sebesar Rp23 ribu per kilogram. Di Kabupaten Batanghari Rp22 ribu per kilogram, Kabupaten Muarojambi, Bungo dan Merangin harga kakao Rp20 ribu per kilogram. Dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur hanya Rp18 ribu.

Sedangkan untuk harga kopi arabika di Kabupaten Sungai Penuh sebesar Rp75 ribu per kilogram dan Kerinci sebesar Rp70 ribu perkilogram.

Harga Kopi Robusta juga tinggi di Kabupaten Sungai Penuh yaitu sebesar Rp22 ribu perkilogram, Kabupaten Kerinci sebesar Rp18 ribu per kilogram. Kabupaten Merangin sebesar Rp16,5 ribu per kilogram dan Bungo Rp15 ribu per kilogram.

Dan harga kopi liberika di Kabupaten Tanjabtim Rp27 ribu per kilogram.

Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved