Breaking News:

Gubernur Ridwan Kamil Juga Diperiksa Bareskrim Terkait Acara Rizieq Shihab di Puncak

Bareskrim menjadwalkan pemeriksaan terhadap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (20/11/2020).

ist
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil 

Besok, Ridwan Kamil Akan Diperiksa Bareskrim Terkait Acara Rizieq Shihab di Puncak

TRIBUNJAMBI.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah diperiksa Bareskrim terkait acara Rizieq Shihab.

Kini, Bareskrim menjadwalkan pemeriksaan terhadap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (20/11/2020).

Ridwan Kamil akan dimintai klarifikasi terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam kegiatan pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

"Iya betul (Gubernur Jabar dipanggil)," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono ketika dikonfirmasi, Rabu (18/11/2020).

Baca juga: Anies Baswedan Terancam Dipenjara 1 Tahun Gegara Acara Habib Rizieq Ramai, Fadli Zon: Polisi Ngawur

Baca juga: Anies Baswedan Diperiksa 9 Jam, Rocky Gerung Bereaksi: Jadi Terlihat Bocor Terus Kemampuan Istana

Baca juga: Dua Kapolda Dicopot hingga Anies Diperiksa, Polisi Malah Belum Panggil Habib Rizieq Shihab

Selain Ridwan Kamil, terdapat sepuluh orang lainnya yang akan diperiksa oleh tim gabungan Bareskrim Polri dan Polda Jabar.

Menurut Awi, pemeriksaan juga dilakukan di Gedung Bareskrim.

Sepuluh orang tersebut yakni kepala Desa Sukagalih, kepala Desa Kuta, ketua RW, ketua RT, camat Megamendung, Kasatpol PP Kabupaten Bogor, anggota Bhabinkamtibmas, Sekda Kabupaten Bogor Burhanuddin, dan Habib Muchsin Alatas dari FPI.

Satu orang lainnya adalah Bupati Bogor Ade Yasin. Akan tetapi, polisi menjadwal ulang pemeriksaan karena baru-baru ini Ade terpapar Covid-19.

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menyapa simpatisannya saat tiba di daerah Puncak, Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). Dalam kunjungan tersebut, Rizieq Shihab dijadwalkan menghadiri acara peresmian pembangunan Masjid Raya di Markaz Syariah Pesantren Alam Agrokultural sekaligus mengisi ceramah shalat Jumat.
Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menyapa simpatisannya saat tiba di daerah Puncak, Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). Dalam kunjungan tersebut, Rizieq Shihab dijadwalkan menghadiri acara peresmian pembangunan Masjid Raya di Markaz Syariah Pesantren Alam Agrokultural sekaligus mengisi ceramah shalat Jumat. (AFP/ADITYA SAPUTRA)

"Iya (pemeriksaan Ade) pasti akan dijadwalkan ulang," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono ketika dihubungi secara terpisah, Rabu.

Selain di Bogor, Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya juga sedang menyelidiki kerumunan massa saat pernikahan putri Rizieq Shihab dan peringatan Maulid Nabi di Petamburan pada Sabtu (14/11/2020).

Dalam kasus tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajarannya ikut dimintai klarifikasi.

Baca juga: Kasus Winda Earl Belum Selesai, Kini Nasabah Maybank Kembali Kehilangan Uang Tabungan Rp 72 Juta

Baca juga: Pak RW Ditelepon, Mamah Dedeh Kabarkan Dirinya, Anak dan ART Positif Covid-19, Lagi Dirawat

Baca juga: Mendagri Keluarkan Instruksi Tegas, Kepala Daerah Diberhentikan Bila Tak Konsisten Tegakkan Prokes 

Diketahui, kerumunan yang ditimbulkan acara Rizieq Shihab berbuntut panjang.

Bahkan, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya karena dinilai lalai dalam menegakkan protokol kesehatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jumat, Polisi Akan Minta Klarifikasi Gubernur Jabar soal Acara Rizieq Shihab di Bogor",

Editor: Rahimin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved