Breaking News:

PNS Corner

Terinspirasi Benteng Kolonial, ’Benteng Tembesi Warisan Negri’ Juarai Lomba Lagu Daerah

Suhaili (49), Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Batanghari. Ia pendiri sanggar seni, dan juga piawai menciptakan

Penulis: A Musawira | Editor: Fifi Suryani
Tribunjambi/musa
Suhaili, PNS asal Batanghari ini ternyata juga menciptakan lagu. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Suhaili (49), Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Batanghari. Ia pendiri sanggar seni, dan juga piawai menciptakan lagu daerah.

Lagu daerah yang diciptakannya berhasil mendapatkan juara I se-Provinsi Jambi saat mengikuti lomba parade lagu daerah 2019 lalu.

Awal mula menciptakan lagu yang berjudul Benteng Tembesi Warisan Negri dikatakan Suhaili pada 2012 lalu. Saat itu dirinya memandang peninggalan benteng kolonial yang kurang terurus.

“Setelah melihat kondisi benteng itu sudah rusak, lantas terinspirasi untuk membuat lirik lagu yang menggambarkan kondisi lingkungannya,” kata Suhaili, Senin (16/11)

“Dari sana saya berproses meciptakan lagu daerah ini. Bertajuk peninggalan benteng,” katanya lagi.

Menjadi seorang ASN sejak 1997, ia mengungkapkan bahwa proses pembuatan lagu sebenarnya sudah lama.

Namun ia mengaku adanya keterbatasan teknologi yang menjadikan lirik lagu itu kurang terekspos di tengah masyarakat Batanghari.

“Belum ada dapur rekaman, belum mengenal Youtube dan semacamnya, alhasil saya hanya menunggu moment lomba parade lagu daerah,” ujar Suhaili.

“Allhamdullilah waktu diikuti lomba, serta dibawakan oleh pemuda Batanghari menjuarai tingkat provinsi,” ungkap pria yang lahir di Desa Rambutan Masam Kecamatan Muara Tembesi.

Dirinya juga Selaku Kasi Seni Budaya dan Perfilm di Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Batanghari menyebutkan jika mendengar syair dan lagunya bisa sebagai media sosialisasi mengenai benteng-benteng di pinggiran Sungai Batanghari.

Ia mengaku dengan adanya peninggalan itu belum sepenuhnya memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Oleh karena lirik lagu yang saya ciptakan ini menyangkut potensi daerah maka lagu ini sebagai media promosi kepada masyarakat luas, supaya mengenali identitas Kabupaten Batanghari sebagai kota tua,” tutupnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved