Breaking News:

Berita Kota Jambi

Siaga Karhutla Provinsi Jambi Diperpanjang Hingga November, Siapsiaga Bencana Hidrometeorologi

Status siaga karhutla kembali diperpanjang hingga 30 November mendatang, setelah diperpanjang sampai 30 Oktober.

Tribun Jambi/Zulkifli
Status Siaga Karhutla di Provinsi Jambi Diperpanjang Hingga Akhir November, Pemprov Jambi Juga Siapsiaga Bencana Hidrometeorologi 

TRIBUNJANBI.COM, JAMBI - Meski saat ini telah melakukan kesiapsiagaan menghadapi bencana meteorologi, namun Pemprov Jambi juga tetap memperpanjang status siaga bencana kebakaran hutan dan lahan.

Status siaga karhutla kembali diperpanjang hingga 30 November mendatang, setelah diperpanjang sampai 30 Oktober.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Bachyuni melalui Kasi Pencegahan Penanggulangan BPBD, Ade Azizah, mengatakan saat ini penanganan karhutla di Provinsi Jambi masih berlansung tim juga masih disiagakan di lapangan.

“Belum berakhir, masih terus kita lakukan pemantauan di lapangan dengan personel yang telah dikerahkan,” kata dia.

Lanjutnya, perpanjangan status penanganan karhutla tersebut menindaklanjuti dari surat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) beberapa waktu lalu yang dikirim ke BPBD Provinsi Jambi untuk perpanjangan status penanganan karhutla, pasalnya sampai November mendatang masih terdapat musim kemarau. Sehingga memang harus diwaspadai.

“Meski kita sudah melakukan kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi, tapi kan status penanganan karhutlanya belum kita cabut, jadi masih terus kita pantau,” tambahnya.

Kemudian, Ade juga mengatakan, pihaknya akan melihat kondisi beberapa minggu kedepan di bulan November, pasalnya BMKG Provinsi Jambi memprediksikan, pada bulan November ini akan terjadi curah hujan yang tinggi di Provinsi Jambi.

“Kalau hampir setiap hari terjadi hujan secara terus menerus, maka status penanganan karhutla di Provinsi Jambi bisa kita percepat, tak harus menunggu akhir November,” sebutnya.

Sementara itu, Ade juga menyebutkan, untuk jumlah luas kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi saat ini masih sama dengan sebelumnya, dan belum ada penambahan yang signifikan. “Luas yang terbakar belum banyak yang berubah,” singkatnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pjs Gubernur Jambi Restuardy Daud, dia mengatakan status siaga Karhutla telah diperpanjang hingga akhir November meskipun telah mempersiakan kesiapsiagaan menghadapi bencana meteorologi.

"Kita sudah pasang alarm, manakala terjadi bencana banjir kita sudah siap. Paradigma kita sekarang lebih pada prefentif, bukan responsif ada bencana baru turun. Kesiapan personil dan logistik telah kita siapkan sejak dini," sebut Ardy Daud.

Dia menyebut, masing-masing daerah pun telah mempersiapkan personil dan peralatan menghadapi bencana meteorolgi. Begitupun di PU dan Balai Sungai juga telah menyiapkan alat berat," pungkasnya.

Luas lahan yang terbakar di Provinsi Janbi yakni sebanyak 352,24 hektar. Ini meningkat dari jumlah sebelumnya yang hanya 326,19 hektare lahan yang terbakar. Sementara untuk yang terluas lahan yang terbakar di Provinsi Jambi ada di Kabupaten Sarolangun, yakni mencapai 109 hektare lahan.

Dari data sebelumnya, untuk lahan yang terluas terbakar ada di Kabupaten Tanjab Timur sebesar 100,05 hektare lahan. Selanjutnya, ada juga lahan yang terbakar di kabupaten lainnya yakni Kabupaten Batanghari seluas 6,05 hektare lahan.

Kemudian, di Kabupaten Bungo seluas 26,3 hektare lahan, selanjutnya di Kabupaten Merangin dengan luas 26,85 hektare lahan. Kemudian Kabupaten Muarojambi dengan luas 21,00 hektare lahan. Selanjutnya Kabupaten Tanjab Barat dengan luas 27,7 hektare lahan. Kemudian, di Kabupaten Tebo dengan luas 11,09 hektare lahan dan Kabupaten Kerinci dengan luas 10,8 hektare lahan.

Baca juga: Promo JSM Alfamart, Hanya Tiga Hari Hemat untuk Minyak 2L, Beras, Sabun Cuci, Susu Anak

Baca juga: Usul Provinsi Jawa Barat Ganti Jadi Provinsi Sunda, Begini Sejarah Awal Mula Sunda

Baca juga: Roy Suryo Soroti Aksi Julurkan Lidah di Video Mirip Gisel, Si Wanita yang Setting Kamera Handphone

Penulis: Zulkipli
Editor: Edmundus Duanto AS
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved