Breaking News:

Kasus Suap Ketok Palu

Zumi Zola dan Cornelis Buston akan Dihadirkan ke Persidangan Besok 

Tiga mantan pimpinan DPRD Provinsi Jambi priode 2014-2019 akan menjalani sidang perdana dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi

Tribunjambi/Jaka HB
Zumi Zola menjadi saksi sidang Asiang di Pengadilan Tipikor Jambi, pada 2019 lalu. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tiga mantan pimpinan DPRD Provinsi Jambi priode 2014-2019 akan menjalani sidang perdana dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi Tahun 2018 pada Kamis (12/11/2020). 

Ketiga tersangka mantan pimpinan DPRD Provinsi Jambi ini adalah Cornelis Buston (CB) selaku mantan ketua DPRD Provinsi Jambi periode tahun 2014-2019, AR Syahbandar (ARS) dan Chumaidi Zaidi (CZ). Keduanya merupakan mantan wakil ketua DPRD Provinsi Jambi

Ketiganya ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi RI pada hari Jumat keramat 28 Desember 2018 silam. 

Saat itu Lembaga Anti Rasua ini mengumumkan 13 nama anggota DPRD Provinsi Jambi sebagai tersangka penerima hadiah atau janji pada pengesahan RAPBD Provinsi Jambi Tahun 2017 dan Tahun 2018. 

Cornelis Buston, AR Syahbandar dan Chumaidi Zaidi diumumkan sebagai tersangka bersama anggota DPRD Provinsu Jambi lainnya seperti Tadjudin Hasan, Cekman, Parlagutan Nasution. 

Baca juga: Doa Qunut Dilengkapi Dengan Bacaan Niat dan Panduan Cara Mengerjakan Sholat Subuh

Baca juga: Terungkap! Ini Alasan Vladimir Putin Tak Akui Joe Biden Sebagai Presiden AS, Musuh Nomor 1 Rusia?

Baca juga: Video Gisel Kesal dengan Luna Maya Jadi Sorotan saat Luna Maya Cecar Pertanyaan Ini ke Wijin

Nama yang juga ditetapkan sebagai tersangka saat itu adalah Sufardi Nurzain, Muhammadiyah, Elhelwi, Zainal Abidin, Gusrizal dan Efendi Hatta. Satu nama lainya adalah Joe Fandy Yoesman alias Asiang

Namun tujuh nama lainnya sudah divonis oleh Majelis Hakim Pengailan Negeri Jambi.

Asiang sendiri di tingkat pengadilan dijatuhi hukuman dua tahun dan enam bulan denda 250 juta Rupiah subsider empat bulan kurungan. 

Cornelis Buston selaku mantan ketua DPRD Provinsi Jambi 2014-2019 dihadirkan kembali dalam perkara terdakwa Sufardi Nurzain, Gusrizal dan Elhelwi, pada Kamis (12/12).
Cornelis Buston selaku mantan ketua DPRD Provinsi Jambi 2014-2019 dihadirkan kembali dalam perkara terdakwa Sufardi Nurzain, Gusrizal dan Elhelwi, pada Kamis (12/12). (Tribunjambi/Jaka HB)

Namun Asiang mengajukan PK (Peninjauan Kembali). Di tingkat PK Pengadilan mengabulkan permohonan Asiang, hukuman yang dijatuhkan lebih ringan yakni satu tahun dan enam bulan serta denda 250 juta Rupiah. 

Sementara Sufardi Nurzain, Muhammadiyah dan Elhelwi divonis pidana penjara selama empat tahun dan dua bulan, denda 200 juta subsider dua bulan pidana kurungan. Serta di cabut hak politinya untuk tidak dipilih kembali dalam jabatan publik selama lima tahun. 

Halaman
12
Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Nani Rachmaini
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved