Breaking News:

Mengabdi ke Masyarakat, Empat Dosen Prodi Keperawatan Unja Lakukan Edukasi Kesehatan Lansia

"Kegiatan ini diikuti lebih kurang 30 lansia. Bentuk kegiatan diawali dengan kegiatan senam lansia dan dilanjutkan dengan edukasi kesehatan penyakit s

Penulis: Vira Ramadhani
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
ist
Mengabdi ke Masyarakat, Empat Dosen Prodi Keperawatan Unja Lakukan Edukasi Kesehatan Lansia 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Empat dosen Prodi Keperawatan Universitas Jambi (Unja) mengabdi ke Panti Sosial Tresna Werdha Budi Luhur Kota Jambi, Paal 5 Kecamatan Kota Baru.

Empat dosen Prodi Keperawatan Unja yakni Ns. Yosi Oktarina, S.Kep., M.Kep dengan anggota Ns Nurhusna, S.Kep., M.Kep, Ns. Kamariyah, S.Kep., M.Kep dan Ns. Luri Mekeama, S.Kep., M.Kep melakukan pengabdian masyarakat terkhusus kepada lansia, pada 17 September 2020 lalu.

"Kegiatan ini diikuti lebih kurang 30 lansia. Bentuk kegiatan diawali dengan kegiatan senam lansia dan dilanjutkan dengan edukasi kesehatan penyakit stroke, edukasi kesehatan yang disampaikan meliputi defenisi, penyebab, tanda dan gejala, faktor resiko, pencegahan, serta penanganan dan perawatan stroke di rumah," kata Yosi Oktaviani, selaku Kepala Prodi Keperawatan Unja Sabtu (7/11/2020).

Penyakit stroke merupakan penyebab ketiga kecacatan di dunia akibat gangguan fungsi syaraf yang terjadi seperti gangguan penglihatan, bicara pelo, gangguan mobilitas, serta kelumpuhan pada wajah maupun ekstremitas.

Baca juga: Kalahkan 890 Peserta, Tim Mahasiswi Unja Menjuarai Lomba Nasional Bussiness Plan Competition

Baca juga: Enggan Beri Selamat ke Joe Biden, Donald Trump Bakal Rusak 124 Tahun Sejarah AS yang Sudah Tercipta

Baca juga: Mendengarkan Pasangan Ternyata Lebih Sulit Ketimbang Berbicara, Ini Tips Agar Langgeng

Lanjut Yosi, mereka berharap kegiatan ini mampu memberikan pengetahuan bagi lansia terutama tentang berbagai macam faktor risiko penyakit stroke.

Hasil akhir yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu diharapkan lansia mampu menghindari berbagai macam faktor risiko yang dapat menyebabkan terjadinya stroke seperti merokok, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, minum minuman beralkohol, serta kurang berolahraga.

“Dan bagi para lansia yang memiliki penyakit penyerta seperti hipertensi, kolesterol, diabetes, gangguan jantung diharapkan senantiasa dapat mengontrol penyakitnya dengan meminum obat secara teratur,” pungkasnya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved