Breaking News:

Rusia Punya Tank Mematikan T-72B3, Diklaim Lebih Canggih dari Negara Lain, Ini Kehebatannya

Rusia baru saja memperbaharui tank tempur T-72B3 miliknya. Tank ini dipercaya memiliki kemampuan lebih canggih untuk mengusai medan pertempuran.

AFP/OMAR HAJ KADOUR
ilustrasi 

Rusia Punya Tank Mematikan T-72B3, Diklaim Lebih Canggih dari Negara Lain, Ini Kehebatannya 

TRIBUNJAMBI.COM - Rusia baru saja memperbaharui tank tempur T-72B3 miliknya. Tank ini dipercaya memiliki kemampuan lebih canggih untuk mengusai medan pertempuran.

Peluncuran kembali tank T-72B3 medan laga diumumkan langsung oleh produsen pertahanan Uralvagonzavod pada hari Kamis (5/11) waktu setempat, seperti dikutip dari TASS.

"Uralvagonzavod telah mengirim sejumlah tank T-72B3 yang ditingkatkan kemampuannya ke Kementerian Pertahanan Rusia," ungkap perusahaan yang merupakan bagian dari perusahaan milik negara, Rostec.

ilustrasi
ilustrasi (AFP/OMAR HAJ KADOUR)

Lebih lanjut, Uralvagonzavod menjelaskan bahwa tank T-72B3 teah menerima mesin baru yang lebih kuat, sistem kendali tembakan yang lebih canggih, kamera pengawas di bagian belakang, dan pembaruan tampilan mekanik pengemudi.

Perusahaan tersebut juga menjelaskan bahwa saat mengembangkan tank T-72, pakar mengintegrasikan potensi peningkatan substansial yang secara aktif digunakan saat ini.

Peningkatan tersebut telah mencakup semua sistem, meningkatkan kemampuan manuver kendaraan dan meningkatkan daya tembak dan perlindungan mereka, termasuk perisai lapis baja.

Baca juga: Jokowi Berusaha Jinakkan Gatot Nurmantyo, Deklarator KAMI Singgung Penghargaan Bintang Mahaputera

Pembaruan tank T-72B3 dilakukan di bawah rencana Kementerian Pertahanan Rusia, yang menghendaki tank tempur utama mereka menjalani perombakan besar-besaran dan ditingkatkan ke level T-72B3.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya baru saja menerima usulan dari para pakar dalam gelaran International Army Games untuk meningkatkan efisiensi dan keandalan tank T-72.

Usulan tersebut akhirnya melahirkan modifikasi ke tank T-72B3M yang unggul dari tank negara lain dalam beberapa aspek.

Saat ini Rusia berencana meningkatkan kemampuan semua tank T-72 mereka untuk menyesuaikan diri dalam beragam situasi pertempuran.

Tank Merkava IV milik Israel siaga di dekat perbatasan selatan dengan Jalur Gaza. Militer Israel dilaporkan telah mengerahkan puluhan tank ke perbatasan.
Tank Merkava IV milik Israel siaga di dekat perbatasan selatan dengan Jalur Gaza. Militer Israel dilaporkan telah mengerahkan puluhan tank ke perbatasan. (AFP / JACK GUEZ)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Militer Rusia Akan Terjunkan Tank T-72B3 Versi Baru Medan Tempur.

Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved