Breaking News:

Agroforestry Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kawasan Hutan

Agroforestry, Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Jambi, keanekaragaman hayati kawasan hutan, berita jambi

Kolase/Tribunjambi
Webinar Fakultas Pertanian Jurusan Kehutanan Unja 

TRIBUNJAMBI.COM - Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Jambi mengadakan Webinar Series Perhutanan Sosial dan TORA Seri 2, Kamis (5/11/2020) 

Topik yang dibahas adalah Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pola Agroforestry di Kawasan Hutan.
Agroforestry sebagai sistem budidaya jenis tanaman campuran berpotensi mengurangi tekanan sumber daya lahan dan air dengan menghasilkan hasil panen lebih tinggi.

Pada ladang petani di lahan pertanian, agroforestry dipraktikkan dengan memelihara pohon, tanaman semusim dan ternak dalam lahan yang sama untuk mendapatkan penghasilan, makanan, pakan ternak, bahan bakar atau bahan bangunan.

Agroforestry bisa jadi model untuk mempertahankan fungsi ekologis keanekaragaman hayati kawasan hutan dan meningkatkan pendapatan masyarakat di area hutan dan perusahaan.

Dalam webinar kali ini, Fakultas Kehutanan Pertanian Unja mengundang narasumber, yaitu Bambang Rosyid, SSE MSi (Kepala Seksi Perbenihan Tanaman Hutan), Dr Forst Ir Bambang Irawan SP MSc IPU, Arifadi Budiarjo ST MSi (Public Affairs GM PT RLU), Taufik Qurrahman (APHI Jambi), dan Dr Subekti Rahayu (ICRAF).

Dalam paparan Bambang Rosyid menjelaskan mengenai potensi-potensi yang bisa digali untuk dikenalkan pada masyarakat mengenai tanaman hutan yang ada di Jambi.

Juga melakukan pemeliharaan dan memperbanyak koleksi tanaman yang berupa tanaman kayu dan MPTS (Multipurpose Tree Species) yang akan dibagikan kepada masyarakat-masyarakat yang membutuhkan.

“Kawasan hutan yang luas harusnya memberi kontribusi yang juga besar terhadap pendapatan nasional. Oleh karena itu, dengan dilakukannya agroforestry kesejahteraan masyarakat menjadi meningkat, dan memberikan keuntungan baik dari segi ekologi maupun ekonomi,” jelas Bambang Irawan

Dalam bentang lahan, yang terdapat lahan pertanian, perkebunan, hutan dan penggunaan lain yang dikelola sebagai satu kesatuan dan saling terkait, agroforestry mempertahankan fungsi produksi dan fungsi perlindungan lingkungan untuk menghasilkan dan memberikan jasa ekosistem secara lokal, regional dan global.

Taufik Qurrahman memaparkan APHI Jambi bersama KTH Mekar Jaya yang mengambil peran sebagai mitra yang berkontribusi dalam pendanaan, pendampingan, dan sudah melaksanakan agroforestry seperti pembuatan jahe merah yang sudah dipasarkan di pasar lokal, menanam semangka, pengembangbiakan domba dan juga hortikultura.

Halaman
12
Editor: Suang Sitanggang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved