Breaking News:

Home & Garden

Cantik dengan Bunga, Buah dan Sayur, Menggarap Halaman Rumah 15 Meter Persegi jadi Kebun dan Taman

Bercocok tanam di halaman rumah banyak dilakoni warga saat ini. Tidak hanya bunga, sayuran dan buah pun bisa dibudidayakan di pekarangan rumah.

TRIBUN JAMBI/RIFANI HALIM
Siti tengah menyiram bunga dan sayuran yang ditanam dalam pot dan polibag. Tampak tanaman tomat yang mulai matang dan bunga yang bermekaran mempercantik halaman rumah. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bercocok tanam di halaman rumah banyak dilakoni warga saat ini. Tidak hanya bunga, sayuran dan buah pun bisa dibudidayakan di pekarangan rumah.

Warga Kota Jambi, Siti Asyuro seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) sekaligus guru SD menyulap rumahnya dengan tanaman dan sayuran di Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

Di rumahnya terdapat tanaman cabe rawit, tomat, terung, kacang panjang, buah jambu dan buah kedondong.

"Ada keladi juga dan lainya, tujuannya mempercantik rumah agar indah dilihat, kalau sayuran udah siap panen bisa di gunakan untuk memasak" ujar Afriansyah (29) anak pertama Siti Asyuro saat ditemui di rumahnya di Padang Lawas, Penyengat Rendah, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Minggu baru-baru ini.

Tak harus dengan lahan yang luas. Siti dan Afriansyah hanya punya luas halaman 15 meter persegi. Di lahan terbatas itu bisa menanam aneka buah, sayuran hingga bunga-bungaan. Caranya, Siti memanfaatkan polibag dan pot bunga.

Namun, penggunaan dua wadah itu bukan tanpa kendala. Seperti, air bekas menyiram tanaman membuat becek halaman rumahnya.

"Kadang becek sedikit cuma, tapi harus rajin dibersihkan, susahnya menanam di pot atau polibag, kan langsung bersentuhan dengan semen kalau siang hari jadi panas membuat tanaman menguning.

Cara mengakalinya, di bawahnya ditaruh papan agar tidak bersentuhan," tuturnya sambil menyiram tanaman.
Kedepannya Siti berencana meng-upgrade perlahan-lahan tanamannya agar tidak becek setelah disiram. Namun hal tersebut masih dikomunikasikan dengan teman-temanya.

Siti tengah menyiram bunga dan sayuran yang ditanam dalam pot dan polibag. Tampak tanaman tomat yang mulai matang dan bunga yang bermekaran mempercantik halaman rumah.

Penulis: Rifani Halim
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved