Breaking News:

Berita Batanghari

Puluhan Rumah Warga di Kabupaten Batanghari Diterjang Banjir Bandang

“Pada peristiwa itu, tim sempat evakuasi warga di sana beberapa saja, tidak bisa semuanya karena waktu itu kondisi air masih tinggi,” kata Makmun (57)

ist
Kondisi banjir bandang beberapa waktu belakangan, terjadi di Desa Bukit Harapan Kabupaten Batanghari Selasa (6/10/2020) 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Rumah warga di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari diterjang banjir bandang akibat tingginya curah hujan beberapa hari terakhir.

Banjir terjadi pada saat hujan di Selasa (6/10/2020) pagi.

Data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batanghari, yang terkena banjir bandang terhitung ada 29 rumah warga di RT 03, RT 04, RT 05, RT 10 dan RT 09 Desa Bukit Harapan Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari.

“Pada peristiwa itu, tim sempat evakuasi warga di sana beberapa saja, tidak bisa semuanya karena waktu itu kondisi air masih tinggi,” kata Makmun (57) kepada Tribunjambi.com, Selasa (13/10/2020).

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batanghari, Makmun (57) menambahkan ketinggian air mencapai 30 sentimeter hingga sebatas lutut orang dewasa.

Baca juga: DP3A Sarolangun Kesulitan Sosialisasi Pendidikan Seksual Dini, Sampai Ada Ibu Tega Bela Suami Mesum

Baca juga: VIDEO Viral Anak Sultan Ikutan Aksi Demo UU Cipta Kerja, Total Pakai Outfit Puluhan Juta

Baca juga: Download Lagu Dangdut Koplo Terbaru Happy Asmara Full Album 2020, Dirabi Mantan - Tak Lalekne Kowe

Lanjut Makmun mengatakan banjir bandang kali ini tidak memakan waktu begitu lama di Desa Bukit Harapan pada sore hari airnya sudah mulai mengering.

“Warga di sana sudah sering menjadi korban banjir bandang, kali ini sudah termasuk yang ketiga, akibat curah hujan cukup tinggi,” tambahnya.

Makmun memastikan tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu. Meski demikian, pihaknya belum bisa mentaksir kerugian materil dari bencana itu.

“Penyebab banjir bandang ini dikarnakan sungai kecil yang sudah mengalami pendangkalan, alhasil daya tampung sungai itu tidak bisa mencukupi ketika curah hujan cukup tinggi, akibatnya terjadi banjir bandang,” pungkasnya.

Selain itu, Pengelolah Bencana Lapangan BPBD Batanghari, Anuwar mengatakan kondsisi warga saat ini sudah kembali normal, namun warga perlu hati-hati untuk beberapa hari ke depan, dikarnakan Kabupaten Batanghari setiap hari diguyur hujan.

“Saat ini keadaan warga sudah mulai kondusif, rumah-rumah warga yang terkena bencana sedang diperbaiki,” tutupnya.

Penulis: A Musawira
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved