Breaking News:

Produksi Budidaya Ikan Patin di Jambi Tembus 3,5 Ton Sehari, Tembus Pasar Sumsel hingga Riau

Budidaya perikanan air tawar pada bulan September Provinsi Jambi khususnya ikan patin mencapai 3,5 ton perhari.

TRIBUNMADURA/DAVID YOHANES
Peternak ikan patin panen. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Budidaya perikanan air tawar pada bulan September Provinsi Jambi khususnya ikan patin mencapai 3,5 ton perhari. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan perikanan (DKP) Provinsi Jambi, Temawisman.

Kata dia, untuk ikan patin jumlah produksi per hari mencapai 3,5 ton, dan harga jual petani berkisar Rp18-20 ribu per kilonya.

Ikan ini dipasarkan di beberapa daerah di luar Provinsi Jambi seperti Kabupaten Linggau, Sumatera Selatan, lalu Kabupaten Inhu dan Inhil di Pekanbaru. Lalu juga pemasaran lokal dalam Provinsi Jambi di Bungo, Tebo, Sarolangun dan Kota Jambi.

Temawisman mengakui saat ini untuk pemasaran ikan pihaknya berkerjasama dengan pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Jambi dan daerah tetangga.

Seperti Apa Rasanya Gulai Umbut Kelapa, Menu Langka yang Kini Jadi Andalan Elmondo Caffee and Resto

Masakan Rumahan Jadi Andalan Elmondo Coffee and Resto, Bisa Request Menu

"Untuk pemasaran ikan kita masih mengandalkan pasar tradisional," ujarnya.

Ia juga menambahkan, untuk jumlah produksi keluar dari lokasi petani menurun, hal ini dikarenakan daya beli masyarakat menurun, akibat dari rendahnya tingkat pendapatan masyarakat seperti harga jual sawit dan karet.

"Saat ini masyarakat lebih banyak mengutamakan kepentingan anak sekolah serta kondisi pandemi Covid-19 terus meningkat. Untuk Angka Konsumsi Ikan di Provinsi Jambi Tahun sebelumnya sekisar 38,68 Kg per kapita per tahun dan insyaAllah untuk tahun ini meningkat," paparnya.

Penulis: Zulkipli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved