Breaking News:

Berita Kerinci

Targetkan Desa Mandiri dan Percepatan Dana Desa, Ratusan Operator Siskaudes di Kerinci Dilatih

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas PMD Kerinci, Syahril Hayadi, melalui Kabid Keuangan dan Aset, Kem Devid.

Tribunjambi/Heru
Pelatihan terhadap ratusan operator perangkat desa di Kerinci. 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Beberapa tahun terakhir, Kabupaten Kerinci sering menjadi sorotan, dikarenakan sering terlambat penyaluran Dana Desa.

Salah satu penyebabnya yakni, dikarenakan masih banyak perangkat desa yang merupakan pembantu Kades dalam melaporkan keuangan saat ini menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), belum mampu untuk mengaplikasikannya.

Untuk menanggapi masalah tersebut, pada pertengahan Tahun 2020 ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kerinci melakukan pelatihan terhadap ratusan operator perangkat desa. Dengan target percepatan pencairan Dana Desa dan menjadikan desa yang mandiri.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas PMD Kerinci, Syahril Hayadi, melalui Kabid Keuangan dan Aset, Kem Devid.

Tips Agar Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10, Buat Akun di prakerja.go.id

Soal Pencabutan Nomor Urut Pilgub Jambi, Al Haris Tak Permasalahkan Nomor Berapa

Ramalan Zodiak Kamis 24 September 2020: Hari yang Sulit Bagi Aries Tapi Luar Biasa Bagi Virgo!

Dimana pada Tahun 2021, pihaknya menargetkan Pada awal Tahun Dana Desa sudah ditransfer ke rekening Desa.

Sehingga, para Kepala Desa bisa dengan cepat melakukan kegiatan di Desa untuk membangkitkan kembali ekonomi warga ditengah wabah Covid-19.

"Biasanya, pencairan Dana Desa diawal bulan Juli, bahkan Agustus. Sehingga untuk tahun selanjutnya menjadi terlambat. Karena, banyak perangkat yang belum mampu melaporkan keuangan dengan menggunakan Aplikasi Siskeudes," ungkapnya.

Ditambahkannya, pada kegiatan tersebut mengambil langsung sebagai narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jambi, dengan harapan setelah pelatihan ini Kades dan Operator Siskeudes bisa menerapkan langsung di masing-masing desa dan mampu secara mandiri menyusun APBDes secara mandiri, dan harus mampu mengelola keuangan tepat waktu sesuai yang diinginkan.

"Namun kegiatan ini dilaksanakan, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid19, yakni sepanjang acara selalu memakai masker, jaga jarak, dan sediakan cuci tangan," tambahnya.

Sementara itu Aswardi, Sekretaris PPDI Provinsi Jambi, dan sekaligus menjadi Ketua Umum PPDI Kabupaten Kerinci yang juga sekaligus Peserta Bimtek nyampaikan kesan dan pesannya selama mengikuti pelatihan ini.

"Pelatihan ini tentu merupakan pelatihan yang penting dalam pengelolaan keuangan desa dengan mengoptimalkan kinerja operator desa dengan cepat dan tepat," ujarnya.

Dikelas pemula, Doli menyampaikan Selama pelatihan yang diselengarakan kinerja dan efektabilitas penganggaran dan pengunaan Dana Desa bisa dilakukan dengan tepat dan akurat.

"Ucapan terimakasih kami kepada Fasilitatod Dari BPKP Provinsi Jambi, PMD Kabupaten Kerinci dan APDEsi yang telah mempasilitasi kami operator desa sehingga pelatihan ini sangat bermamfaat dan diselengarakan dengan sukses dan lancar," imbuhnya.

Penulis: Herupitra
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved