Breaking News:

Awalnya Hobi, Kini Ubay Bisa Hasilkan Uang Jutaan dari Pembuatan Aquascape di Kota Jambi

Bermula dari kesenangannya terhadap ikan, Ubay (38) akhirnya menekuni seni menata aquarium atau yang saat ini lebih dikenal dengan istilah aquascape.

Tribunjambi/Widyoko
Ubay, pemilik toko Dinar Aquascape, sedang menunjukan satu contoh tanaman yang biasa dia pasang di aquascape konsumennya, Rabu (16/9/2020). 

TRIBUNJAMBI, JAMBI - Bermula dari kesenangannya terhadap ikan, Ubay (38) akhirnya menekuni seni menata aquarium atau yang saat ini lebih dikenal dengan istilah aquascape.

"Awalnya saya hobi memelihara ikan cupang. Kemudian teman saya datang dan menunjukan seni menata aquarium ini ke saya. Lalu saya cari tahu caranya dan berhasil," katanya saat Tribunjambi.com sambangi di tokonya, Rabu (16/9/2020).

Ia mengatakan untuk bisa membuat aquascape yang estetis ini tidak mudah. Banyak percobaan yang ia lakukan dan gagal, lalu ia evaluasi dan berhasil kemudian.

"Saya dan teman saya benar-benar mencari tahu dasar dari aquascape. Kami seperti belajar lagi mata pelajaran IPA di sekolah," jelasnya.

Dipopulerkan Youtuber Ria Ricis, Mainan Anak Ini Laku Keras di Masa Pandemi

Tangkal Radikalisme, Kapolres Sarolangun Siap Dukung Pilkada Damai

"Kemudian saya memberanikan diri untuk buka bisnis desain aquascape di tahun 2015. Di tahun itu aquascape baru booming di Jambi dan masih sedikit pula usaha seperti saya. Untuk harganya sendiri dulu sangat mahal sekali. Terlebih semua bahan dipesan dari luar kota," katanya lagi.

"Pada dasarnya aquascape itu seni menata tanaman di dalam aquarium. Kemudian ada tema-temanya yang ditampilkan. Seperti contohnya dutch style isinya cuma tanaman saja, karena fokus pada tanaman. Ada iwagumi dari Jepang, itu tanaman yang ada di Jepang. Ada tema air terjun, konsep ini mengusung sebuah pemandangan air terjun  ditempatkan di bagian tengah akuarium, dan masih banyak lagi tema-tema lain," sambung Ubay.

Menurut pemilik toko Dinar Aquascape ini, dalam membuat aquascape yang dihargai tinggi adalah nilai estetikanya. Bahkan ia pernah membuat aquascape dengan harga lebih dari Rp 10 juta.

"Soal harga itu bervariasi ya. Balik lagi dari desain, ukuran, tingkat kerumitan, jenis tanamannya, dan banyak faktor lain. Kalau kami biaya modal desain sendiri mungkin bisa setengahnya," ungkapnya.

Untuk jasa pembuatan aquascape di toko yang berlokasi Jalan H Adam Malik, Lorong Madrasah nomor 66 RT 20, Thehok, Jambi Selatan, Kota Jambi ini menawarkan mulai dari harga Rp 1,5 juta hingga paling mahal yang pernah dibuat Rp 10 juta.

Lalu menurutnya animo masyarakat Jambi untuk pembuatan aquascape sendir masih kurang. Ia mengatakan hobi seperti ini terbilang mahal dan butuh perawatan ekstra.

"Banyak orang yang belum paham bahwa pembuatan aquascape itu tidak mudah. Kebanyakan konsumen awalnya meremehkan pembuatan aquascape. Namun setelah mengikuti proses pembuatannya, ternyata rumit. Butuh waktu berminggu-minggu untuk dapatkan hasil yang maksimal," jelas Ubay.

Satu Peserta CPNS Muaro Jambi Absen Ikut Tes SKB

VIDEO Pertamina Dikritik Ahok Habis-habisan, Mulai Bocoran Rapat, Pejabat Tak Lapor hingga Gaji

"Untuk menata aquariumnya butuh waktu sekitar tiga minggu sampai satu bulan. Soalnya ketika dasarnya sedang dibentuk, banyak zat-zat beracun (bagi ikan) untuk menghidupi tanaman. Banyak konsumen yang tidak sabaran untuk memasukan ikan ke dalam aquarium. Sehingga jika dipaksakan biasanya ikan akan mati seminggu kemudian," sebutnya. 

Ubay mengatakan untuk per bulannya ia bisa mendapatkan dua sampai tiga konsumen. "Dulu awal-awal ketenaran aquascape, saya dan teman saya itu bisa sampai lima sampai enam konsumen per bulan. Harga dulu pun sangat fantastis. Tapi karena sekarang sudah banyak yang buka jasa seperti ini, kemudian untuk mendapatkan bahan-bahannya pun mudah, jadi untuk saat ini harga pembuatannya stabillah," tutup Ubay kepada Tribunjambi.com. (Tribun Jambi/Widyoko)
 

--

Penulis: tribunjambi
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved