Breaking News:

Progres Perhotelan Jambi Membaik, TPK Meningkat 32,63 Persen

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi, bulan Juli 2020 tingkat penghunian kamar (TPK) hotel bintang di Provinsi Jambi

ISTIMEWA
Pemandangan Sungai Batanghari dilihat dari ketiggian Infinity Hotel Jambi. Di masa adaptasi kebiasaan baru, TPK hotel-hotel di Jambi menunjukkan peningkatan, termasuk Infinity Hotel. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi, bulan Juli 2020 tingkat penghunian kamar (TPK) hotel bintang di Provinsi Jambi sebesar 32,54 persen, lebih tinggi dibanding TPK bulan Juni 2020 yaitu sebesar 25,32 persen.

Kepala BPS Provinsi Jambi, Wahyudin memgatakan, menurut kelasnya TPK tertinggi tercatat pada hotel bintang lima sebesar 81,30 persen dan terendah pada hotel bintang satu sebesar 11,39 persen. Penurunan TPK hotel bintang pada Juli 2020 dibanding Juli 2019 terjadi pada kelompok hotel bintang satu, hotel bintang dua, hotel bintang tiga, dan hotel bintang empat.

"Perkembangan TPK selama setahun yang lalu, tertinggi adalah TPK hotel bintang lima bulan Januari 2020 sebesar 95,46 persen, sedangkan terendah hotel bintang dua pada bulan Mei 2020 sebesar 5,49 persen," ujarnya baru baru ini.

Jumlah tamu yang menginap di seluruh hotel bintang bulan Juli 2020 sebanyak 18.930 orang. Jumlah tamu nusantara sebanyak 18.899 orang, yang terdiri dari 980 orang menginap di hotel bintang satu 2.498 orang menginap di hotel bintang dua 9.347 orang menginap di hotel bintang tiga 2.330 orang menginap di hotel bintang empat, dan 3.744 orang menginap di hotel bintang lima.

Tamu mancanegara sebanyak 31 orang, yang menginap di hotel bintang tiga sebanyak 13 tamu asing, hotel bintang empat sebanyak 4 tamu asing dan hotel bintang lima sebanyak 14 tamu asing.

"Rasio tamu mancanegara terhadap tamu nusantara bulan Juli 2020 mencapai 0,002 artinya dari 1000 tamu yang menginap di hotel bintang terdapat 2 tamu yang berasal dari mancanegara," kata Wahyudin.

Pada Bulan Juli 2020 rata-rata lama menginap tamu mancanegara dan tamu nusantara tertinggi ada pada hotel bintang lima sebesar 2.73 dan terendah di hotel bintang satu sebesar 1,42. Dibandingkan Juni 2020, rata-rata lama menginap hotel bintang satu, hotel bintang dua, hotel bintang tiga, dan hotel bintang empat naik, sedangkan hotel bintang lima turun.

Membaik 

Data BPS Provinsi Jambi menunjukkan nilai tingkat penghunian kamar hotel berbintang di Jambi mulai membaik. Membaiknya tingkat penghunian kamar hotel di Jambi dirasakan hotel-hotel berbintang di Jambi, satu di antaranya Infinity Hotel Jambi.

General Manager Infinity Hotel, Adhityarama W. mengatakan, membaiknya tingkat hunian kamar dirasa sejak bulan Agustus hingga saat ini. Menurutnya dibandingkan dengan daerah lain progres perhotelan di Jambi di masa adaptasi kebiasaan baru termasuk baik.

"Masa pandemi kemaren tingkat okupansi kamar 10-20 persen paling banyak, kalau sekarang sudah mencapai 40 persen jadi ada peningkatan progres, sebenarnya normal tingkat okupansi kita 70-80 persen, 60 persen sebenarnya udah lumayan cuma kalau sekarang 40 persen rata rata dan semua hotel juga 40 persen," ujarnya, Minggu (13/9).

Infinity Hotel juga telah melakukan persiapan masa adaptasi kebiasaan baru dengan mengikuti standar prosedur kesehatan dari Gugus Tugas Covid-19 Jambi. Cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer baik di front office dan area restoran. Pihaknya juga telah menyediakan masker yang dapat dibeli pengunjung di tiap pintu masuk Infinity Hotel.

"Prosedur tersebut untuk semua pegawai Infinity dan juga untuk tamu, lalu kita juga menyemprot kamar dengan desinfektan secara bergilir dan rutin perlantai," jelas Adhitya.

Penulis: fitri
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved