Breaking News:

VIDEO Petani Desa Olak Kemang Menanam Gaharu di Kebun Sawit

M Supardi warga Desa Olak Kemang, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo yang tengah mengembangkan tumpang sari pohon gaharu di kebun sawit miliknya.

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - M Supardi warga Desa Olak Kemang, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo yang tengah mengembangkan tumpang sari pohon gaharu di kebun sawit miliknya.

Awalnya ia menanam 600 batang di lahan sawit dan kebun karet miliknya. Kini pohon gaharu yang ia tanam sudah mulai menghasilkan nilai ekonomis.

Kulit gaharu dapat dijual seharga 25 ribu per kilogramnya hingga 100 ribu tergantung kualitas. Sementara daunnya diolah menjadi teh pucuk gaharu.

Sejak dipromosikan pada Mareti 2020 lalu, teh gaharu pak De Supardi mulai banyak dilirik di pasaran lokal, pembelinya dari kabupaten Tebo, Muaro Jambi dan Kota Jambi.

Pria 63 tahun ini berencana menebang pohon gaharu miliknya jika kayu gaharu yang ditanamanya nanti bisa mencapai pasar yang lebih luas.

Potret Desa Olak Kemang, Penghasil Gaharu di Tengah Himpitan Kebun Sawit

Kemunculan Investor dan Ancaman Konflik Bagi Petani Gaharu di Desa Olak Kemang

Ia berharap agar teh Gaharu nantinya bisa menjadi produk UMKM Desa Olak Kemang, di Desa ini terdapat 10 ribu pohon gaharu yang ditanam dengan cara tumpang sari dengan tanaman sawit.

"Pemerintah desa sudah memasukkan program menanam gaharu disepanjang lalan desa yang diharapkan nanti bisa dimanfaatkan oleh semua warga," katanya.

Gaharu memiliki kekebalan dari segala penyakit. Jumat (28/8/2020) lalu ia juga menunjukkan beberapa pohon yang sudah patah namun tetap tumbuh. Ada pula pohon gaharu yang dihinggapi benalu, namun benalu tersebut justru berbunga seperti gaharu.

"Artinya ada kekebalan tubuhnya dan sangat mudah ditanam. Kami berharap produk teh gaharu ini bisa bermanfaat untuk kesehatan," pungkasnya.

Berikut ini video yang tribunjambi.com, ambil saat melihat langsung tanaman tumpang sari pohon gaharu dan sawit di lahan miliknya.

Ia juga menyemai 2.600 batang gaharu yang nantinya akan ditanam dilahan miliknya. (Dedy Nurdin)

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved