Breaking News:

VIDEO Siapa Sebenarnya Jakob Oetama Sosok Wartawan yang Dimakamkan di Makam Pahlawan

Kabar duka bagi keluarga besar Kompas Gramedia, sang Pendiri Kompas, Jakob Oetama Meninggal pada hari ini, Rabu (9/9/2020).

TRIBUNJAMBI.COM - Kabar duka bagi keluarga besar Kompas Gramedia, sang Pendiri Kompas, Jakob Oetama meninggal dunia pada hari ini, Rabu (9/9/2020).

Kabar meninggalnya Jakob Oetama disiarkan langsung oleh Kompas TV Rabu (9/9/2020).

Dikutip tribunjambi.com dari Wikipedia, Dr (H.C) Jakob Oetama (lahir di Borobudur, Magelang, 27 September 1931; umur 88 tahun), adalah wartawan dan salah satu pendiri Surat Kabar Kompas.

Saat ini ia merupakan Presiden Direktur Kelompok Kompas-Gramedia, Pembina Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia, dan Penasihat Konfederasi Wartawan ASEAN.

Dia adalah penerima Doktor Honoris Causa di bidang komunikasi dari Universitas Gajah Mada dan penerima penghargaan Bintang Mahaputra Utama dari pemerintah Indonesia pada tahun 1973.

Jakob adalah putra seorang pensiunan guru di Sleman, Yogyakarta.

Sempat Anjlok Akibat Covid-19, Daya Beli Masyarakat di Jambi Kini Kembali Normal

Muaro Jambi Miliki 40 Persen Lahan Gambut, Bupati Masnah Gandeng BRG untuk Cegah Karhutla

Karier jurnalistik Jakob dimulai ketika menjadi redaktur Mingguan Penabur tahun 1956 dan berlanjut dengan mendirikan majalah Intisari tahun 1963 bersama P.K. Ojong, yang mungkin diilhami majalah Reader's Digest dari Amerika.

Dua tahun kemudian, 28 Juni 1965, bersama Ojong, Jacob mendirikan harian Kompas yang dikelolanya hingga kini.

Tahun 80-an Kompas Gramedia Group mulai berkembang pesat, terutama dalam bidang komunikasi.

Saat ini, Kompas Gramedia Group memiliki beberapa anak perusahaan/bisnis unit yang bervariatif dari media massa, toko buku, percetakan, radio, hotel, lembaga pendidikan, event organizer, stasiun TV hingga universitas.

Halaman
12
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved