Breaking News:

Usia di Bawah 19 Tahun Belum Bisa Menikah, Begini Syarat Urus Dispensasi Perkawinan

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 perubahan dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan maka usia calon pengantin.

TRIBUNFILE/IST
Pernikahan 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Anak yang masih di bawah usia 19 tahun belum bisa melangsungkan pernikahan. 

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 perubahan dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan maka usia calon pengantin

Hal itu bisa dilakukan setelah dilakukan dispensasi perkawinan.

Dalam Undang-Undang tersebut tertuang bahwa usia batas minimal bagi calon pengantin laki-laki 19 tahun dan perempuan juga 19 tahun.

Apabila usia calon pengantin kurang dari 19 tahun maka pihak KUA akan menolak permohonan nikah calon pengantin (catin) tersebut. 

"Ya, kami akan tolak permohonan pernikahan bagi catin yang belum mencapai usia 19 tahun," Kata kepala KUA Limun, Musaneb.

4.300 Pelaku UMKM di Muarojambi Daftar Bantuan dari Pusat

Happy Suite Club untuk Kaum Hawa, Rasakan Kenyamanan di Kamar President Suite Swiss-Belhotel Jambi

Sempat Anjlok Akibat Covid-19, Daya Beli Masyarakat di Jambi Kini Kembali Normal

Meski demikian, calon pengantin yang berumur di bawah 19 tahun tetap bisa melangsungkan pernikahan. Dengan syarat wajib melampirkan surat dispensasi kawin dari Pengadilan Agama. 

Katanya, dispensasi kawin ini merupakan pemberian hak kepada seseorang untuk menikah meskipun usianya belum mencapai batas minimal 19 tahun.

Pengajuan permohonan dispensasi kawin dilakukan oleh orang tua calon mempelai. Bagi pasangan yang beragama Islam, permohonan diajukan ke Pengadilan Agama.

UU Perkawinan yang baru juga menegaskan bahwa pemberian dispensasi oleh Pengadilan berdasarkan pada semangat pencegahan perkawinan anak, pertimbangan moral, agama, adat dan budaya, aspek psikologis, aspek kesehatan dan dampak yang ditimbulkan.

Terkait persyaratan dispensasi kawin, melakukan koordinasi dengan Ketua Pengadilan Agama Sarolangun Saifullah Anshori.

Bagi calon mempelai yang akan melangsung pernikahan namun usianya belum mencapai batas minimal 19 tahun, harus melengkapi persyaratan sebagai berikut:

(1) . Photo copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua yang dimohonkan dispensasi kawin (bermaterai 6000 cap pos). (2) . Photo copy Kartu Keluarga (KK) (bermaterai 6000 cap pos). (3). Photo copy Akte Kelahiran orang yang dimohonkan dispensasi kawin (bermaterai 6000 cap pos). (4). Photo copy ijazah terakhir (bermaterai 6000 cap pos). (5). Surat penolakan dari Kantor Urusan Agama (KUA). (6). Photo copy penolakan dari Kantor Urusan Agama (KUA) (bermaterai 6000 cap pos). (7)Surat permohonan dispensasi kawin yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Agama sebanyak 6 rangkap. (8) Map tulang warna hijau. Dan (9) . Membayar panjar biaya perkara.

"Demikian persyaratan dispensasi kawin yang harus dilengkapi sebelum ke Pengadilan Agama. Mari kita cegah perkawinan tidak tercatat, perkawinan dini dan seks bebas," katanya. 
 

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved