Breaking News:

Positif Corona Jambi Tambah

Sempat Merosot Akibat Pandemi Covid-19, Disperindag Jambi Rancang Aplikasi e-Commerce untuk UMKM

UMKM di Provinsi Jambi mengalami kemerosotan saat awal pandemi Covid-19. Pihak Disperindag Provinsi Jambi mengatakan,

ist
Ilustrasi pelaku UMKM. 

TRIBUNJAMBI, JAMBI - UMKM di Provinsi Jambi mengalami kemerosotan saat awal pandemi Covid-19. Pihak Disperindag Provinsi Jambi mengatakan, kemerosotan terjadi pada tiga bulan awal pandemi. 

"Sebelum lebaran itu sangat merosot. Terutama untuk kerajinan, karena wisatawan masih kurang," kata Ani Rosnifah, Kepala Disperindag Provinsi Jambi, Rabu (9/9/2020). 

Namun setelah lebaran, UMKM kembali mulai naik lagi secara perlahan. Hingga pada saat ini kenaikan itu tercatat sudah 70 persen. "Untuk mencapai 100 persen lagi itu sulit dan butuh waktu," katanya.

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat Jambi untuk memanfaatkan media digital untuk meningkatkan penjualan. Sebab pandemi masih berlanjut dan tidak tahu sampai kapan.

PON Tertunda Akibat Pandemi Covid-19, Ketua Koni Jambi Diminta Tetap Fokus

Prakiraan Cuaca di Jambi, Warga Tiga Kabupaten Diminta Waspadai Potensi Hujan Petir

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kabupaten dan kota, untuk mendata kembali UMKM yang ada. Kami akan membentuk aplikasi e-commerce baru. E-commerce ini seperti aplikasi yang sudah jalan sebelumnya, yakni Payo Kepasar. Namun ini khusus industri," jelasnya.

Pihaknya sedang menggodok aplikasi itu dan rencananya akan diluncurkan Oktober mendatang.

"Untuk sekarang kami lebih berfokus mengajak UMKM untuk berjualan online. Sebab penjualan online saat ini sedang naik. Agar angka 70 persen tadi bisa naik terus," ujarnya.

Ia juga mengatakan, untuk masyarakat yang ingin mendaftarkan UMKM-nya, silahkan datang ke Disperindag kabupaten atau kota. "Datang dan daftarkan produknya ke sana, nanti akan diproses dan kami bantu promosinya dengan memasukan ke aplikasi e-commerce yang sedang dirancang ini," pungkasnya. (Tribun Jambi - Widyoko)
 

Penulis: tribunjambi
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved