Breaking News:

Positif Corona Jambi Tambah

Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi jadi Fokus BPKP Perwakilan Provinsi Jambi

Upaya pendampingan terhadap penanganan Covid-19 menjadi satu di antara fokus Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jambi.

Stocktrek Images/Getty Images
Ilustrasi Virus Corona 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Upaya pendampingan terhadap penanganan Covid-19 menjadi satu di antara fokus Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jambi.

Kepala BPKP Perwakilan Jambi, Sueb Cahyadi menyampaikan, pihaknya aktif sebagai anggota satgas Covid-19 yang akan memberikan peranannya.

"Kami memberikan asistensi, bimtek, juga review, dalam rangka meningkatkan kualitas program dan perbaikan tata kelolanya," kata Sueb, sesaat setelah dikukuhkan di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Rabu (9/9/2020).

Selain pendampingan terhadap penanganan Covid-19, pihaknya juga fokus dalam pemulihan perekonomian di Jambi.

PDIP Sarolangun Akan Gerakkan Semua Kader untuk Menangkan CE-Ratu di Pilkada Jambi 2020

3 Paslon Cakada Batanghari Jalani Tes MMPI di RSUD Raden Mattaher Jambi

Seperti diketahui, perekonomian di Jambi sempat turun sejak pandami Covid-19. Langkah yang akan diambil, salah satunya mendorong pemerintah daerah, khususnya Dinas Koperasi dan UMKM, untuk mendata penerima UMKM dan usaha masyarakat lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jambi, Fachrori Umar mengakui peran BPKP dalam peningkatan tata kelola pemerintahan sangat penting. Sebab, permasalahan yang sering terjadi umumnya disebabkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang belum optimal, penyimpangan administrasi, hingga ketidakefektifan dan ketidakefisienan dalam mengambil langkah.

Padahal, merujuk pada RPJMD Provinsi Jambi 2016-2021, misi pertama yang hendak diwujudkan adalah meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah yang bersih, transparan, akuntabel, dan partisipatif yang berorientasi pada pelayanan publik.

"Ini bisa diwujudkan melalui berbagai upaya. Mulai dari peran masing-masing, partisipasi, akuntabilitas, serta koordinasi," ungkap Fachrori.

Untuk itu, dia menyadari kerja sama Pemerintah Provinsi Jambi dan BPKP mesti ditingkatkan.
(Tribunjambi.com/ Mareza Sutan A J)

Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved