Breaking News:

Muaro Jambi Miliki 40 Persen Lahan Gambut, Bupati Masnah Gandeng BRG untuk Cegah Karhutla

Peran Badan Restorasi Gambut (BRG) dalam menjaga lahan gambut di Kabupaten Muarojambi sangat didukung oleh Bupati Muaro Jambi.

Tribunjambi/Hasbi
Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro. 

TRIBUNJAMBI.COM,SENGETI-Peran Badan Restorasi Gambut (BRG) dalam menjaga lahan gambut di Kabupaten Muarojambi sangat didukung oleh Bupati Muaro Jambi.

Seperti disampaikan Bupati Muaro Jambi Masnah Busro mengatakan program yang dijalankan oleh BRG dalam membantu dan bersinergi dengan pemkab mengakomodir supaya kebakaran hutan dan lahan gambut bisa teratasi.

"Saya sangat mensupport dan mendukung, InsyaAllah dalam waktu dekat ini BRG juga akan kita ajak duduk bersama supaya sama-sama menjaga hutan lahan gambut yang ada di Muarojambi tidak terjadi kebakaran lagi," ujarnya, Rabu (9/9/2020).

Prakiraan Cuaca di Jambi, Warga Tiga Kabupaten Diminta Waspadai Potensi Hujan Petir

PON Tertunda Akibat Pandemi Covid-19, Ketua Koni Jambi Diminta Tetap Fokus

Sempat Merosot Akibat Pandemi Covid-19, Disperindag Jambi Rancang Aplikasi e-Commerce untuk UMKM

Bupati Masnah Busro juga mengatakan Kabupten Muaro Jambi memiliki 40 persen lahan gambut, jika tidak dijaga bersama akan kewalahan atasi terjadinya kebakaran tersebut.

Dengan adanya kerja sama antara BRG dan Pemerintah Daerah Muaro Jambi dan Provinsi Jambi diharapkan kebakaran hutan dan lahan gambut bisa teratasi.

Ia juga menyampaikan BRG ini sebuah lembaga untuk membantu masyarakat pentingnya upaya melestarikan lahan gambut agar tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Ada beberapa program dari BRG untuk memulihkan lahan gambut yang semakin kritis di Muarojambi seperti penanaman penghijauan terhadap lahan yamg sudah terbakar mereka juga melibatkan masyarakat sekitar.

"Tidak hanya itu programnya juga membantu masyarakat yang biasanya pekerjaan perikanan, berkebun mereka juga bantu seperti ternak itik, sekaligus mensosialisasikan pencegahan karhutla kepada masyarakat tidak buka lahan dengan cara membakar," ungkap Bupati Masnah.

Ia juga berharap terhadap BRG selalu bersinergi dengan pemkab dan masyarakat untuk menjaga lahan gambut.(tribunjambi.com/ Hasbi Sabirin)

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved