Breaking News:

Konsumen Lebih Pilih Beli Baru, Jasa Servis Elektronik Makin Sulit Ditemukan

Toko servis elektronik di Kota Jambi semakin sedikit. Padahal, perangkat elektronik menjadi kebutuhan bagi semua orang dan rawan kerusakan.

tribunjambi/Monang
Atik (53), teknisi sekaligus pemilik toko servis elektronik Star Elektronik, sedang memperbaiki tv pelanggannya, Rabu (2/9/2020). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Toko servis elektronik di Kota Jambi semakin sedikit. Padahal, perangkat elektronik menjadi kebutuhan bagi semua orang dan rawan kerusakan.

Atik (53), pemilik toko servis elektronik di Thehok, Jambi, berpendapat, hal ini dikarenakan orang-orang sudah tidak tertarik lagi mendalami ilmu elektronik.

“Sekarang sudah beda jaman. Dulu profesi seperti saya ini pasti dicari-cari orang. Sehingga balai pelatihan elektronik kala itu (1990-an) banyak yang mendatangi,” katanya, Rabu pekan lalu.

“Jasa seperti ini kebanyakan orang-orang tua yang menekuni. Ketika orang-orang tua itu sudah tidak ada lagi, siapa yang meneruskan? Tidak ada.

Lihat saja di daerah pasar (Area Pasar Jambi), dulu di sana banyak sekali servis seperti saya. Sekarang sudah tidak ada lagi. Pihak penjual perangkat elektronik juga kebanyakan memperbaikinya ke luar Jambi,” tambahnya.

Faktor lain yang menyebabkan sedikitnya jasa servis elektronik menurutnya, sekarang perangkat elektronik sudah murah dan mudah didapatkan.

Sehingga ketika barang itu rusak, kebanyakan orang lebih memilih untuk membeli baru.

“Produsen elektronik saat ini kebanyakan menciptakan perangkat yang sekali pakai. Apabila perangkat itu rusak, harga memperbaikinya pun mendekati harga baru. Lebih baik konsumen beli baru ketimbang memperbaiki,” jelasnya.

Star Elektronik, satu di antara toko jasa servis elektronik di Thehok, Kota Jambi, mengalami penurunan omzet. Penurunan ini terjadi di masa pandemi Covid-19.

Atik mengatakan, biasanya tokonya mendapat lebih dari tujuh unit elektronik yang rusak per hari. Saat pandemi datang, ia dan satu asistennya hanya mengerjakan tiga unit elektronik rusak per hari.

Halaman
12
Penulis: tribunjambi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved