Breaking News:

Karhutla

Kepatuhan Perusahaan Masih Rendah, Polres Terus Selidiki Kebakaran di Lahan PT Kharisma

Tingkat kepatuhan perusahaan pemegang izin kehutanan terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan

Tribunjambi/Hasbi
Bupati dan Kapolres Muarojambi saat apel siaga karhutla. 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Tingkat kepatuhan perusahaan pemegang izin kehutanan terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di area konsesinya masih rendah.

Salah satunya PT Kharisma yang terletak di Desa Kemingking Dalam Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muarojambi yang bergerak di bidang perkebunan masih minim sarana dan prasarana pemadam kebakarannya.

Seperti yang disampaikan Kapolres Muarojambi AKBP Ardiyanto mengatakan kenyataannya sarana dan prasarana pemadam kebakaran karhutla PT Kharisma masih minim serta sedikitnya personil penanggulangan karhutla.

"Padahal dalam Peraturan Menteri Pertanian sudah sangat jelas bahwa setiap perusahaan di bidang perkebunan wajib memiliki sarana dan prasarana pemadam kebakaran untuk pencegahan dan penanggulangan karhutla di konsesinya, " jelasnya Senin (7/9).

Ia juga mengatakan, pihaknya terus melakukan penyelidikan terhadap kasus kebakaran tersebut sesuai UU No. 32 tahun 2009 tentang pengelolaan lingkungan hidup karena untuk melakukan penyidikan itu memerlukan dua alat bukti yang cukup.

"Total lahan yang terbakar di PT Kharisma beberapa waktu lalu diperkirakan sekitar 9-10 hektare," tutupnya.

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved