Breaking News:

Inspirasi Bisnis

Kaktus Pun Booming di Tengah Pandemi, Manfaatkan Waktu Luang untuk Hobi dan Bisnis

Di balik badai pandemi, kreativitas dan naluri berbisnis seseorang pun diuji. Ketika pekerjaan terhalang, sebagian orang memilih

TRIBUNJAMBI/RARA
Nadila sedang merawat kaktus yang terkena penyakit jamur tanaman, Sabtu (22/8/2020) 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Di balik badai pandemi, kreativitas dan naluri berbisnis seseorang pun diuji. Ketika pekerjaan terhalang, sebagian orang memilih beraktivitas dan berkreasi di rumah. 

Satu per satu pun menemukan passionnya meski dengan segala keterbatasan.

Nadila Anisa Putri, misalnya. Guru di SMP Negeri 22 Kota Jambi ini sudah empat bulan terakhir memanfaatkan hobinya merawat tanaman bunga dan memasarkannya.

Nadila yang tinggal di Jalan Serma Ishka, Nomor 20, Rt.07,Mayang, Alam Barajo, Kota Jambi sebelumnya hanya merawat beberapa tanaman bunga saja. Saat Pandemi menghalangi langkahnya melakukan aktivitas mengajar, akhirnya muncul ide membuka usaha.

Ide membuka usaha kaktus ia dapatkan dari seorang temannya yang sangat menyukai jenis tanaman daerah tropis tersebut.

Kepada Tribun, Nadia menjelaskan saat ini ada 50 jenis kaktus yang namanya dibuat oleh peminat kaktus.

"Kalau Nama latinnya kan agak susah menghafalnya, jadi para peminat kaktus menyebutnya itu di antaranya seperti Ekor tupai, kerang, otak, Candi, Mickey Mouse ," ujar Nadila, beberapa waktu lalu.

Tanaman kaktus yang ia jual meliputi kaktus impor dan lokal. Saat ini ada lebih dari 300 pot beserta polibag tanaman kaktus yang ia pajang untuk dijual.

Tidak hanya kaktus, Nadila juga menyediakan media tanam berupa tanah dan juga Pasir Malang.

Harga dibanderol Rp12 ribu hingga Rp170 ribu. Banderol harga tersebut tergantung pada keindahan dan dari mana kaktus itu berasal.

Seorang pembeli, Septia Dwi Arini (IRT) mengaku yang sudah dua kali membeli kaktus pada Nadila. Selain karena alasan banyaknya varian, kaktus memang sedang booming. Jadi ia juga ingin tanaman berduri itu menghiasi rumahnya.

"Selain bisa menghias rumah, Saya juga manfaatkan untuk berjualan. Jadi uang datang, rumah juga cantik saat kaktus jadi pajangan," tutur Septia.

Penulis: tribunjambi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved