Breaking News:

VIDEO Pemugaran Candi Kedaton Masuki Tahap Akhir, Puluhan Warga Setempat Terlibat

BPCB memugar tinggalan pagar sisi barat dari komplek Candi Kedaton, kawasan percandian Muara Jambi, Kabupaten Muaro Jambi.

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi (BPCB) memugar tinggalan pagar sisi barat dari komplek Candi Kedaton, kawasan percandian Muara Jambi, Kabupaten Muaro Jambi.

Pemugaran Candi Kedaton sudah dimulai sejak 2009, dan pemugaran kali ini sudah memasuki tahap XII.

Pemugaran yang dimulai sejak Agustus ini dijadwalkan berakhir pada Desember 2020.

Techno Arkeologi (TA) di BPCB Jambi, Vera Fenniwaty Wailanduw, mengatakan, pemugaran tahun ini merupakan tahap terakhir, diharapkan pekerjanya bisa menyelesaikan semua bagian dari Candi Kedaton.

BREAKING NEWS Arkeolog Jambi Temukan Makara Langka saat Pemugaran di Candi Kedaton

Pemugaran Candi Kedaton Memasuki Tahap Akhir, Banyak Temuan Benda Kuno

"Lokasi pemugaran difokuskan sisi barat dari Candi Kedaton, meliputi enam bangunan struktur dan delapan pagar pembagi," katanya, Selasa (1/9/2020) pagi, saat ditemui di Candi Kedaton.

Perempuan yang akrab disapa Vera ini menjelaskan, proses pemugaran dilakukan secara berurutan dan teratur, karena menyangkut tinggalan budaya dari masa lalu.

"Tahapan kerjanya dimulai dari pembersihan lokasi, kemudian dilakukan pengupasan, lalu pengambaran satu per satu struktur. Setelah itu, pembuatan pondasi untuk perkuatan, baru lah bata-bata yang lepas dipasang kembali," tuturnya.

Vera juga menambahkan, pemugaran Candi Kedaton tahap XII memperkerjakan warga lokal yang sudah terbiasa ikut memugar candi.

"Para pekerja berjumlah 69 orang, terdiri dari satu pemimpin pekerja dan 13 kelompok. Masing-masing kelompok diketuain satu orang, dan lima orang anggota. Tentunya mereka yang bekerja sudah mahir dalam menyusun bata candi," pungkasnya.(TribunJambi/Musa)

Penulis: tribunjambi
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved