Breaking News:

VIDEO Militer India Klaim Gagalkan Upaya Tentara China Duduki Wilayah Sengketa di Himalaya

Hal itu diungkapkan oleh seorang pejabat India di New Delhi pada hari Senin (31/8/2020), menyusul gejolak terbaru antara dua negara tetangga bersenjat

TRIBUNNJAMBI.COM - Pasukan India menggagalkan upaya pasukan China untuk menduduki bukit di perbatasan yang disengketakan di wilayah raksasa Asia di Himalaya barat.

Hal itu diungkapkan oleh seorang pejabat India di New Delhi pada hari Senin (31/8/2020), menyusul gejolak terbaru antara dua negara tetangga bersenjata nuklir.

Sumber militer dan pemerintah India mengatakan kepada Reuters, setelah melihat pergerakan pasukan China, pasukan India dimobilisasi untuk mencegah perambahan lebih lanjut, dan konfrontasi tidak meningkat menjadi bentrokan antara kedua belah pihak.

13 Anggota Bawaslu Muarojambi yang Ikut Pemilihan BPD Muarojambi Bakal Dipanggil

SSB Siginjai Jambi Menyumbang Empat Anak Didikannya untuk Dilatih Indra Sjafri

Buntut Novel Baswedan Positif Corona: Empat Anak Saya Positif

China menolak tuduhan bahwa pasukan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) telah melanggar perbatasan, tetapi ketegangan antara dua tentara di gurun salju yang dingin di wilayah Ladakh telah meningkat selama beberapa bulan.

Insiden terbaru terjadi pada Sabtu malam di tepi danau Pangong Tso, kata tentara India.

Pada bulan Juni, 20 tentara India tewas dalam pertempuran jarak dekat dengan pasukan Tiongkok di dekat lembah Galwan.

Itu adalah bentrokan militer tetangga yang paling serius dalam lebih dari setengah abad.

Kedua belah pihak setuju untuk mundur setelah bentrokan itu, tetapi Angkatan Darat India menuduh pasukan China melanggar kesepakatan itu selama akhir pekan.

"Pada malam 29/30 Agustus 2020, pasukan PLA melanggar konsensus sebelumnya yang dicapai selama keterlibatan militer dan diplomatik selama kebuntuan yang sedang berlangsung di Ladakh Timur dan melakukan gerakan militer provokatif untuk mengubah status quo," juru bicara militer India Kolonel Aman Kata Anand dalam sebuah pernyataan.

Dia mengatakan tentara India menggagalkan upaya China untuk "secara sepihak mengubah fakta di lapangan." Dia tidak memberikan detil apapun.

Halaman
123
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved