Breaking News:

Diduga Melanggar Netralitas sebagai ASN, Kaban Kesbagpol Tanjabtim Disanksi

Digadang-gadangkan maju menantang petahana dalam Pilkada Tanjabtim, Kaban Kesbangpol yang berstatus ASN mendapatkan sanksi disiplin.

Diduga Melanggar Netralitas sebagai ASN, Kaban Kesbagpol Tanjabtim Disanksi
net
Ilustrasi

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Digadang-gadangkan maju menantang petahana dalam Pilkada Tanjabtim, Kaban Kesbangpol yang berstatus ASN mendapatkan sanksi disiplin.

Diisukan maju dalam Pilkada Tanjabtim, dijadwalkan pada Bulan Desember mendatang. Juga terkait temuan Bawaslu di lapangan terkait dugaan pelanggaran netralitas ASN.

Terkait fakta tersebut, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) harus memberikan rekomendasi kepada pejabat pembina kepegawaian Tanjabtim untuk menindaklanjuti surat keputusan bahwa yang bersangkutan (Kaban Kesbagpol) dikenakan sanksi sedang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Tanjabtim, Hadi Firdaus mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari komisi aparatur sipil negara (KSAN). Terkait tindak lanjut temuan dan rekomendasi bawaslu terhadap Abdull Rasyid (Kaban Kesbagpol).

"Berdasarkan rekomendasi dan temuan bawaslu tadi bahwa yang bersangkutan diduga melanggar netralitas sebagai ASN," sebutnya, Kamis (27/8).

"Kaban Kesbagpol telah terbukti melanggar disiplin PNS, dalam bentuk pelanggaran kegiatan yang mengarah ke politik sesuai temuan bawaslu tadi dan rekomendasi KSAN," tambahnya.

Dengan demikian, sesuai rekomendasi KSAN memberikan kewenangan dengan memerintahkan pejabat pembina kepegawaian (Bupati Tanjabtim) untuk memberikan sanksi disiplin tingkat sedang.

"Dimana sanksinya penurunan pangkat selama satu tahun, mulai berlaku sejak 22 Juni 2020 sesuai SK," jelasnya.

Untuk diketahui sebelumnya Kaban Kesbangpol Tanjabtim Abdull Rasyid memiliki pangkat IV C dan dengan jatuhnya sanksi berdasarkan rekomendasi KSAN tadi otomatis saat ini yang bersangkutan memiliki pangkat IV B.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved