Breaking News:

Kuliner

Cicip Gurihnya Soto Tangkar Nan Hangat Berempah, Mengulik Sejarah Kuliner Masa Perjuangan RI

PERINGATAN 17 Agustus tahun ini berbeda dengan dengan tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19. Biasanya dihiasi dengan beragam perlombaan

Tribunjambi/Hanif Burhani
Soto tangkar di Nirwana Resto and Cafe. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - PERINGATAN 17 Agustus tahun ini berbeda dengan dengan tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19. Biasanya dihiasi dengan beragam perlombaan yang menyimbolkan perjuangan dan kesulitan masyarakat pada masa sebelum merdeka.

Kerupuk menjadi salah satu simbol masa sulit sebelum merdeka karena kebayakan masyarakat tidak mampu membeli lauk pauk yang layak.

Namun selain kerupuk masih ada makanan lainnya yang berkaitan dengan masa-masa perjuangan. Satu diantaranya adalah soto tangkar.

Dilansir tribunnewswiki soto tangkar sudah ada dari zaman penjajahan Belanda. Kata ‘tangkar’ berasal dari Bahasa Betawi yang berarti iga sapi.

Tangkar didapatkan dari sisa-sisa pesta orang Belanda. Meneer Belanda kerap memotong sapi saat berpesta dan hanya menyisakan beberapa bagian tertentu seperti bagian kepala, bagian dalam (jeroan) dan iga.

Bagian tersebutlah yang diolah dan ditambahkan bumbu dan dimasak selama dua jam. Hasilnya, jadilah soto tangkar yang gurih, hangat berempah dan sedikit berminyak.

Tidak perlu jauh ke Jakarta untuk mencicipi soto tangkar. Satu cafe di Jambi menyediakan soto tangkar sebagai menunya yaitu di Nirwana Resto and Cafe.

Semangkuk soto tangkar hangat berkuah gurih memang paling pas dinikmati dengan seporsi nasi putih.

Isian dari soto tangkar ini potongan daging, bihun, potongan tomat, irisan daun bawang, taburan bawang goreng serta kerupuk emping. Dihidangkan dengan kuah berempah yang hangat.

Penampilannya mungkin terlihat sama dengan soto betawi namun soto betawi kuahnya menggunakan susu, sedangkan soto tangkar pakai santan. Jadi soto Betawi berkuah putih atau kuning, soto tangkar ini kuahnya kuning pekat hampir merah.

Halaman
123
Penulis: Nurlailis
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved