Breaking News:

Pilkada dan Pandemi Tidak Bisa Dipisahkan, Tito: Kawal Pilkada Supaya Tidak Jadi Klaster Penularan

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mempertimbangkan, di satu sisi Pilkada harus dilakukan, sedangkan di sisi lain penanganan Covid-19 menjadi pentin

Penulis: Mareza Sutan AJ | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Mareza
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pilkada 2020 dan pandemi Covid-19 adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mempertimbangkan, di satu sisi Pilkada harus dilakukan, sedangkan di sisi lain penanganan Covid-19 menjadi penting.

Untuk itu, pengawalan terhadap Pilkada di tengah pandemi perlu mendapat perhatian serius.

"Untuk itu, mari kita sama-sama kawal Pilkada di Jambi supaya tidak menjadi klaster penularan," katanya, dalam konferensi pers di Swiss-belhotel, Rabu (26/8/2020).

Satu di antara upaya yang bisa dilakukan, adalah mengangkat isu sentral mengenai manajemen penanganan pandemi Covid-19 dalam Pilkada nanti. Selain itu, dampak sosial ekonomi pandemi ini juga menjasi isu sentral.

Kasus Virus Corona di Jambi Bertambah Lagi, Ini Identitas 8 Pasien Covid-19 Baru di Jambi

VIDEO Ratusan Tenaga Medis RSUD Sarolangun Lakukan Uji Swab

"Bukan hanya dampak terhadap penyebarannya, tapi juga dampak sosial ekonominya. KPU saya harap bisa mendorong itu," ujarnya.

Selain itu, antisipasi tersebut juga bisa dilakukan dengan menghindari perkumpulan massa.

Tito mengimbau, agar jumlah massa dapat dikendalikan, termasuk dalam kampanye. Bahkan jika dalam masa kampanye ada kandidat yang mengumpulkan massa tanpa menerapkan protokol kesehatan, masyarakat dapat langsung menilai.

"Bagaimana jika nanti jadi kepala daerah yang mengendalikan ratusan ribu orang, sedangkan mengendalikan pendukungnya yang hanya 400-500 orang saja tidak bisa," ungkapnya.(Tribunjambi.com/ Mareza Sutan A J)

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved