Breaking News:

Berita Tanjab Timur

Dua Pertamax Shop Hadir di Tanjabtim, Pemda Sebut Minggu Ini Mulai Beroperasi

Kepala Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Setda Tanjabtim Awaludin mengatakan, terkait Pertamax Shop tersebut berdasarkan surat awal yang dikeluarkan Kemen

Tribunjambi/Abdullah Usman
Pertamax Shop bakal hadir di Tanjab Timur. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Dua Pertamax Shop (khusus Pertamax) di Kabupaten Tanjabtim akan segera beroperasi. Pemerintah berharap beradaan Pertamax Shop dapat membantu ketersediaan pasokan bahan bakar.

Kepala Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Setda Tanjabtim Awaludin mengatakan, terkait Pertamax Shop tersebut berdasarkan surat awal yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia nomor 117/3015/SJ pada April tahun 2020 ini, terkait percepatan pelaksanaan program Pertamax Shop di Desa maupun di Kelurahan.

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa untuk di Kabupaten Tanjabtim sendiri akan di bangun dua titik Pertashop. Dimana SPBU mini khusus minyak Pertamax tersebut akan dibangun di Kelurahan Pandan Jaya, Kecamatan Geragai, dan di Kelurahan Talang Babat, Kecamatan Muara Sabak Barat.

Ivan Gunawan dan Keanu Kepergok di Dalam Toilet, Ruben Onsu: Mulut Buat Makan, Jangan Buat yang Lain

Begini Kronologis Kaburnya Sembilan Tahanan dari Ruang Sel

Misteri Kebaya Merah di Hari Lamaran Zumi Zola dan Ayu Dewi, Awalnya Mau Bikin Kejutan

Akan tetapi setelah dilakukan beberapa kali verifikasi team dari Pertamina, bahwa untuk pembangunan Pertamax shop di Kelurahan Talang Babat batal terlaksana, sebab lokasi tersebut posisinya terlalu dekat SPBU yang telah terlebih dahulu ada di sana.

"Pertamax Shop itu ideal nya berjarak 10 km dari SPBU, sehingga tidak menyebabkan pengusaha SPBU terdampak," ujarnya, Senin (24/8/2020).

Pertamax Shop ini merupakan kolaborasi ataupun berdasarkan nota kesepahaman antara PT. Pertamina dengan Kemendagri. Sampai saat ini proses pembangunan Pertamax Shop itu sudah dilakukan dan hampir selesai.

Dijelaskannya pula Pertamax Shop ini hanya menjual produk Pertamax, dan untuk tiga bulan pertama sesuai dengan isi surat tersebut bahwa memang seluruh perizinan diberikan dispensasi terlebih dahulu selama tiga bulan.

"Jadi intinya Pertamax Shop itu saat ini masih operasionalnya di bawah kendali pertamina langsung dan bekerja sama dengan pihak Desa atau Kelurahan. Mengapa harus bekerja sama dengan Desa atau Kelurahan, maksud Pertamina atau Kemendagri itu agar dapat tumbuh ekonomi di wilayah sekitar Pertamax Shop itu, minimal para pekerja di Pertamax Shop itu harus atau mewajibkan warga sekitar. Dan setidaknya warga yang bekerja di Pertamax Shop memiliki penghasilan setara UMP," jelasnya.

Terpisah Kabid Perdagangan Kabupaten Tanjabtim Afrinaldi menuturkan, terkait pengoperasian Pertamax Shop tersebut dijadwalkan akan segera diresmikan dalam minggu ini langsung oleh bupati.

"Untuk tanggalnya saya masih belum dapat, yang jelas dalam minggu minggu ini akan segera dioperasikan," ujarnya.

Untuk lokasi sendiri ada Dua tempat di Kabupaten Tanjabtim, yakni di Kecamatan Geragai dan yang keDua berada di Parit Culum.

"Untuk saat ini baru dua lokasi itu saja, kemungkinan kedepan bisa jadi akan bertambah lagi di daerah lainnya," pungkasnya.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved