Berita Bungo

Tradisi Buka Lubuk Larangan di Rantau Pandan, Baung Hingga Gurame Ukuran Jumbo Berhasil Ditangkap

Tradisi ini setiap tahun diadakan hampir oleh seluruh Dusun yang ada di Kabupaten Bungo. Sebab hampir disetiap desa terdapat Lubuk Larangan.

Tribunjambi/darwin
Hasil panen ikan di Lubuk Larangan Dusun Rantau Pandan Bungo. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABUNGO - Tradisi tahunan buka Lubuk Larangan kembali dilakukan oleh masyarakat Dusun (desa) Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo, Minggu (23/8/2020).

Tradisi ini setiap tahun diadakan hampir oleh seluruh Dusun yang ada di Kabupaten Bungo. Sebab hampir disetiap desa terdapat Lubuk Larangan.

Keberadaan Lubuk Larangan merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk melestarikan jenis ikan yang ada disepanjang sungai agar terhindar dari kepunahan.

Imbas Pandemi Covid-19, Program Magang ke Jepang Ditunda

Sepekan Terakhir Terpantau 20 Titik Api, Status Siaga Darurat Karhutla di Sarolangun Diberlakukan

Demi Belikan Kaos Untuk Sang Istri Tercinta, Pemuda ini Nekat Curi Motor

Pada waktu tertentu, Lubuk Larangan tersebut akan dibuka dan dipanen oleh seluruh masyarakat menggunakan peralatan tradisional. Dengan terlebih dahulu dibuka secara adat.

Sistem pembagian bagi tiga, satu untuk penangkap dan dua untuk panitia. Sementara hasil tangkapan yang di panitia tersebut akan dilelang dan dibagikan ke masyarakat.

Salah satu tokoh masyarakat Rantau Pandan menyebutkan bahwa hasil dari pembukaan Lubuk Larangan tersebut akan bagi untuk kepentingan keagamaan yang ada di dusun tersebut.

Pembukaan Lubuk Larangan di Dusun Rantau Pandan Bungo.
Pembukaan Lubuk Larangan di Dusun Rantau Pandan Bungo.

"Hasil ini nanti akan kita bagikan untuk pembangunan masjid dan guru-guru ngaji yang ada di Dusun Rantau Pandan," ucapnya.

Bupati Bungo, Mashuri yang ikut dalam pembukaan lubuk larangan tersebut berpesan kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga tradisi Lubuk Larangan ini.

Ia menganggap selain untuk menjaga kelestarian ikan, Lubuk Larangan juga merupakan bentuk persatuan dan kekompakan masyarakat di dusun masih terjaga dengan baik.

"Lubuk Larangan merupakan salah satu tradisi Kabupaten Bungo yang harus kita lestarikan," jelasnya.

Dalam kegiatan ini, berbagai jenis ikan yang sudah mulai langka dalam ukuran jumbo berhasil ditangkap oleh masyarakat.

Di antaranya ikan Semah, Lampam, Baung hingga ikan Gurame.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved