Breaking News:

Lahan Perusahaan Terbakar, Tim Satgas Karhutla Provinsi Jambi Turunkan Tim Selidiki PT Karisma

Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi telah menurunkan tim penindakan ke lokasi Perusahaan Pt Karisma untuk melakukan penyelikan.

Tribunjambi/Zulkifli
Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni selaku tim Satgas Karhutla Provinsi Jambi, Jumat (14/8). 

TRIBUNJANBI.COM, JAMBI – Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi telah menurunkan tim penindakan ke lokasi Perusahaan Pt Karisma untuk melakukan penyelidikan atas terbakarnya lahan perusahaan tersebut. Dari hasil pengukuran di lapangan, luas lahan PT Karisma yang terbakar mencapai 10 hektare.

“Penghitungan sudah kita lakukan secara manual di lapangan,” kata Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni selaku tim Satgas Karhutla Provinsi Jambi, Jumat (14/8).

Lanjutnya, saat ini tim penindakan dari Polda Jambi dan tim penindakan dari Satgas Karhutla Provinsi Jambi sedang mencari sebab terjadinya kebakaran hutan tersebut. “Kita belum berani mengatakan, karena memang sekarang masih dalam penyidikan,” tambahnya.

75 Personel Polres Muarojambi Jalani Rapid Test, Ini Hasilnya

VIDEO 167.653 Peserta Dinyatakan Lulus UTBK-SBMPTN

Bachyuni menyebutkan, saat ini pihaknya juga telah melakukan pendinginan di lapangan. Saat itu, pihaknya telah melakukan pemadaman juga menggunakan jalur udara dengan helikopter water boombing sebanyak 7 kali. “Kalau sebelumnya memang belum pernah terbakar, baru kali ini,” sebutnya.

Kemudian, kali ini jumlah luas lahan yang terbakar di Provinsi Jambi mencapai 241 hektare dari jumlah lahan sebelumnya yang hanya 227 hektare lahan. “Hari ini ada lagi pengoprasian, tapi saya belum terima laporannya,” tandasnya.

Sebelumnya, tim Satgas Karhutla Provinsi Jambi, akan mengusut sebab terjadinya kebakaran hutan seluas kurang lebih 5 hektare lahan, di kawasan Kemingking, Kabupaten Muarojambi.

Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI M Zulkifli selaku Ketua Pelaksana Harian Satgas Karhutla Provinsi Jambi mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan perhitungan luasan lahan yang terbakar. Apakah lebih dari 5 hektare atau tidak.

Pasalnya, cakupan lahannya cukup besar, dan ini salah satu kejadian kebakaran hutan di wilayah perusahaan. Saat ini juga, Satgas Karhutla telah membentuk tim penindakan yang difungsikan untuk melakukan penyidikan.

Kemudian juga, saat terjadi kebakaran hutan tersebut, semua unsur ikut serta untuk memadamkan api di lapangan, seperti pihak perusahaan yang berada di wilayah Kemingking, dan masyarakat serta satgas darat. Diperkirakan untuk saat ini api telah benar-benar padam. 

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved