Breaking News:

Pilkada di Tengah Pandemi, KPU Tanjab Timur Akan Tambah Jumlah TPS

Pilkada serentak digelar di masa pandemi Covid-19, KPU Tanjabtim memperkirakan akan ada penambangan jumlah TPS.

Tribunjambi/Abdullah Usman
Komisioner KPU Tanjabtim Muhammad Kinas. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK -Pilkada serentak digelar di masa pandemi Covid-19, KPU Tanjabtim memperkirakan akan ada penambangan jumlah TPS.

Komisioner KPU Tanjabtim Muhammad Kinas, kepada tribunjambi.com menuturkan, beberapa tahapan jelang pemilihan umum terus berjalan sesuai jadwal. 

Dikatakannya pula, pada pemilihan umum serentak tahun ini sedikit terjadi perbedaan dan penyesuaian. Terutama terkait jumlah tempat pemungutan suara (TPS), yang diperkirakan jumlahnya akan bertambah dari sebelumnya.

Kasus Covid-19 di Jambi Meningkat, Merangin Rencanakan Perketat Perbatasan

SAH, PDIP Jagokan Yunninta-Mahdan di Pilkada Batanghari 2020

"Jumlah TPS kita saat ini ada 612 TPS, yang tersebar di 11 Kecamatan. Kemungkinan jumlah TPS tersebut akan ada penambahan di beberapa Kecamatan berdasarkan hasil laporan tim kita di lapangan,," ujar Kinas, Selasa (11/8).

Kemungkinan penambahan tersebut terjadi di Kecamatan Rantau Rasau, Nipah Panjang, dan Mendahara. Bisa jadi di Kecamatan tersebut akan bertambah satu TPS.

"Penyebabnya ada beberapa hal, diantaranya penyesuaian dimasa Covid-19, hindari keramaian, jarak tempuh dan geografis. Dengan berbedoman pada per KPU No 10 tahun 2016," jelasnya.

Lanjutnya, sebelum pandemi Covid-19 ini melanda, pada UU No 10 tahun 2016 tersebut dijelaskan bahwa setiap TPS dapat menampung jumlah pemilih sebanyak 800 orang.

Namun dengan adanya pandemi saat ini peraturan tersebut berubah, jumlah pemilih di setiap TPS dikurangi menjadi 500 orang saja. Hal tersebutlah yang menyebabkan jumlah TPS bertambah.

"Namun jumlah penambahan tersebut belum signifikan tergantung beberapa pertimbangan tadi namun kemungkinan besar ada penambahan," pungkasnya. (usn)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved