Breaking News:

Sudah Terakreditasi, Dinkes Tanjab Timur Kembali Daftarkan Tiga Puskesmas Ini untuk Akreditasi

Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabtim tahun ini kembali wacanakan untuk mendaftarkan tiga Puskesmas untuk mengikuti proses akreditasi.

Tribunjambi/Abdullah Usman
Kepala Dinas Kesehatan Tanjabtim, Ernawati. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabtim tahun ini kembali wacanakan untuk mendaftarkan tiga Puskesmas untuk mengikuti proses akreditasi

Tiga Puskesmas tersebut, yakni Puskesmas Simpang Tuan Kecamatan Mendahara Ulu, Puskesmas Simpang Pandan Kecamatan Geragai dan Puskesmas Mendahara. Tiga Puskesmas yang diusulkan itu sebelumnya sudah pernah terakreditasi.

"Ada tiga Puskesmas yang kita usulkan kembali untuk akreditasi. Karena pelaksanaan penilaian akreditasi dilakukan setiap tiga tahun sekali," kata Kepala Dinas Kesehatan Tanjabtim, Ernawati, Selasa (4/8).

Lanjutnya, selain tiga Puskesmas tersebut, ada empat Puskesmas yang juga sudah diusulkan dan didaftarkan. Dimana empat Puskesmas itu merupakan Puskesmas non rawat inap yang belum pernah sama sekali terakreditasi. 

4 Petugas RSUD Raden Mattaher Dikabarkan Positif Covid-19, Johansyah: Kita Tunggu Pengumuman Pusat

VIDEO: Kapolsek Pelepat Amankan Pelaku Percobaan Pemerkosaan Anak di Bawah Umur di Bungo

Seperti Puskesmas Pangkal Duri Kecamatan Mendahara. Puskesmas Sungai Lokan dan Puskesmas Sungai Jambat Kecamatan Sadu. Kemudian Puskesmas Simbur Naik Kecamatan Muara Sabak Timur.

"Total 17 Puskesmas yang ada di Tanjabtim, 13 diantaranya sudah pernah menjalani akreditasi, sedangkan untuk 4 Puskesmas lagi baru akan menjalani akreditasi," terangnya.

"Proses akreditasi seharusnya telah dimulai sejak awal tahun 2020 ini, namun karena adanya pandemi Covid-19, maka proses akreditasi ditunda," tambahnya.

Dijelaskannya, bahwa akreditasi ditujukan untuk mendorong setiap Puskesmas meningkatkan kinerjanya dan melaksanakan tugas pelayanan sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan komisi akreditasi

Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 Tahun 2015 yang mengamanatkan Pemerintah Daerah untuk melakukan akreditasi terhadap seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

"Sedangkan bagi masyarakat, manfaat akreditasi Puskesmas diantaranya adalah mendapat jaminan kualitas," jelasnya.

4 Tenaga Medis Dikabarkan Positif, Pelayanan Poliklinik RSUD Raden Mattaher Jambi Ditutup Sementara

"Berdasarkan hasil akreditas, nantinya masing-masing Puskesmas digolongkan lagi menurut tingkatannya, yakni tingkat Dasar, Madya, Utama dan Paripurna," pungkasnya. (usn)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved