Breaking News:

Warga Kerinci Resahkan Aktivitas Galian C di Pungut Mudik, Diduga Milik Mantan Caleg DPRD Jambi

Sejumlah masyarakat mulai resah dengan adanya aktivitas Galian C yang beroperasi menggunakan alat berat di Desa Pungut Mudik, Kecamatan Air Hangat.

Tribunjambi/Heru
Aktivitas galian C menggunakan alat berat. 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Sejumlah masyarakat mulai resah dengan adanya aktivitas Galian C yang beroperasi menggunakan alat berat di Desa Pungut Mudik, Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci.

Selain mencemari lingkungan, warga menganggap kegiatan tersebut mengakibatkan rusaknya ekosistem dan terganggunya pasokan air baku untuk Desa Pungut Mudik. Sebab lokasi galian C ilegal tersebut terletak di hulu sungai Pungut Mudik.

Tidak hanya bagi Desa Pungut Mudik, potensi kerusakan yang ditimbulkan akibat Galian C yang diduga tidak memiliki izin ini juga akan merugikan Desa Pungut Tengah dan Pungut Hilir. Apa lagi di Pungut Hilir memiliki Lubuk Larangan yang dibanggakan masyarakat setempat.

Informasi yang peroleh tambang galian C tersebut diduga kuat dikelola dan dimiliki oleh mantan Caleg DPRD Provinsi Jambi.

Pulang dari Jakarta 6 Warga Kota Jambi Positif Corona, Kasus Bertambah Jadi 162 Orang Hari Ini

Pemutihan Pajak Kendaraan di Jambi Diperpanjang, Dimulai 1 Agustus Besok

Amrizal salah seorang warga Pungut Mudik mengatakan, keberatan atas beroperasinya galian-C. Sebab sangat merugikan warga dan merusak lingkungan Desa Pungut Mudik.

"Galian-C yang diduga kuat tidak memiliki izin ini beberapa bulan yang lalu sempat beroperasi lalu berhenti, sekarang sudah mulai lagi. Hal ini sangat merugikan warga mengingat Desa Pungut Mudik rawan sekali terjadi bencana," ungkapnya.

Apalagi sekarang pemerintah melalui bidang tanggap darurat PUPR sedang mengupayakan perbaikan kerusakan pasca bencana banjir bandang sebulan lalu.

"Ini malah ada oknum yang sengaja membuat potensi bencana baru," katanya.

Salah seorang warga yang lain juga mengungkapkan harapannya kepada pemerintah daerah Kabupaten Kerinci dan pihak yang berwajib untuk menindak galian C yang diduga tak memiliki izin di Desa Pungut Mudik.

"Karena kalau tidak segera ditindak akan berdampak terhadap lingkungan, bahkan bisa menyebab bencana longsor," harapnya.(*)

Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved