Breaking News:

Harga Barang Jelang Idul Adha

Jual Beli Hewan Kurban di Tanjabtim Saat Masa Pandemi Turun Drastis

Dibandingkan pada tahun lalu, perkiraan kebutuhan rencana pemotongan dan persediaan ternak menjelang Idul Adha 2020 dipastikan turun.

Tribunjambi/Abdullah Usman
Penjualan hewan kurban di Tanjabtim turun drastis 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Pandemi Covid-19 cukup berdampak pada menurunnya jual beli hewan kurban saat ini.

Dibandingkan pada tahun lalu, perkiraan kebutuhan rencana pemotongan dan persediaan ternak menjelang Idul Adha 2020 dipastikan turun.

Kabid Keswan Dan Kesmavet Disbunnak Tanjabtim Rika, mengatakan, perkiraan kebutuhan hewan tahun ini sama dengan tahun lalu. Hanya saja rencana pemotongan di tahun ini berdasarkan pengajuan yang masuk jauh menurun.

Cut Syifa Tengah Disorot, Rizky Nazar Blak-blakan Soal Isu Pacari Gadis yang Lagi Dekat Rangga Azof

BTS Bagikan Countdown Sebelum Perilisan Single Terbaru

Asmara & Cinta Zodiak Besok Kamis (30/7) - Leo Lajang Buka Matamu, Capricorn Bahas Semua Detil

"Pada tahun lalu pemotongan ternak sapi angkanya mencapai 450 ekor, sedangkan tahun ini hingga H-2 Idul Adha baru terdata 130 ekor sapi saja," jelasnya, Rabu (29/7/2020).

Tidak hanya sapi, begitu pula untuk kerbau tahun lalu 30 ekor sedangkan tahun ini hanya berjumlah 10 ekor saja. Begitu pula untuk Kambing jika tahun lalu berjumlah 270 ekor tahun ini baru 21 ekor berdasarkan data pengajuan yang diterima.

Menurutnya, angka ini masih akan terus berubah dan bertambah. Mengingat hingga saat ini proses pendataan masih terus berlangsung di lapangan.

Dalam proses pemotongan hewan nanti, Disbunnak tegaskan akan tetap melakukan pemantauan dan pemeriksaan, sebelum hewan tersebut didistribusikan. Sehingga daging daging tersebut benar benar dinyatakan layak.

"Untuk stok alhamdulillah kita banyak, dan kita tidak ada mendatangkan hewan dari luar melainkan kita malah mengekspor keluar daerah dan Kabupaten tetangga," pungkasnya.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved