Breaking News:

Tips Sebelum Membeli Sepeda, Kenali Tiga Jenis Sepeda Beserta Kelebihannya

Tren menggunakan sepeda semakin meningkat saat pandemi corona. Tujuannya agar kesehatan

Editor: Nani Rachmaini
ist
Ilustrasi. Sepeda lipat United Black Horse 

TRIBUNJAMBI.COM

JAKARTA. Tren menggunakan sepeda semakin meningkat saat pandemi corona. Tujuannya agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Ada beberapa jenis sepeda yang bisa Anda pakai untuk gowes, tergantung medan jalan yang ingin Anda lalui. Apa saja?

Sepeda Hybrid

Sesuai dengan namanya, sepeda hybrid adalah jenis sepeda yang menggabungkan dua konsep, yaitu sepeda gunung dan sepeda balap. Tujuannya adalah agar sepeda hybrid bisa dipakai di semua medan perjalanan. Namun, medan perjalanan yang terlalu ekstrem juga tidak disarankan untuk dilewati dengan sepeda hybrid.

Harga Mobil Seken Honda Mobilio 2020, Mulai Rp 110 Juta, Simak Spesifikasinya

Dilansir dari centurycycles.com, sepeda hybrid merupakan salah satu jenis sepeda yang cukup nyaman untuk dipakai sehari-hari. Sadel sepeda berukuran lebar dan empuk. Posisi handle bar juga dibuat sejajar dengan sadel sehingga jenis sepeda ini akan sangat nyaman ketika digunakan.

Sepeda Balap

Selain sepeda hybrid, jenis sepeda lain yang bisa Anda pakai adalah sepeda balap. Centurycycles.com menyebut, sepeda balap memang dirancang untuk dipakai melaju di jalanan yang rata. Dikalangan goweser, sepeda balap ini lebih dikenal dengan road bike.

Sepeda ini umumnya memiliki ukuran ban yang tipis agar bisa dikayuh cepat.

Tak hanya itu, handle bar dibuat melengkung agar semakin nyaman saat sepeda dipakai dengan kencang. Karena dibuat untuk balapan, jenis sepeda balap tidak cocok untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari atau dibawa touring. Apalagi untuk blusukan ke medan dengan kontur jalan yang tidak beraspal.

Harga Mobil Seken Daihatsu Xenia 2020, Mulai Rp 50 Juta Sesuai Tahun, Simak Spesifikasinya

Sepeda Gunung

Jenis sepeda lainnya yang perlu Anda ketahui adalah sepeda gunung. Sesuai dengan namanya, sepeda gunung memang dirancang untuk dipakai di jalanan yang terjal seperti jalanan di gunung. Centurycycles.com menyebutkan sepeda gunung memiliki handle bar yang sejajar agar nyaman saat dipakai. Gear yang tersedia juga rendah agar pengguna jenis sepeda ini tidak kesulitan dalam mengendari sepeda di jalanan yang tidak rata.

Centurycycles.com menyebutkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih jenis sepeda yang akan digunakan. Tentukan jenis sepeda berdasar siapa yang akan menggunakannya. Jenis sepeda untuk anak-anak tentu saja berbeda dengan jenis sepeda yang akan dipakai untuk orang lain.

Selain itu, tujuan menggunakan sepeda juga harus dipertimbangkan. Jika Anda bertujuan untuk memakai sepeda di jalanan kota, tentu saja jenis sepeda yang harus dipakai berbeda bila Anda ingin memakai sepeda untuk tujuan lain.

Sumber: kontan.co.id

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved