Breaking News:

Smart Mom

Khawatirkan Cara Anak Bergaul di Sekolah saat Masih Pandemi Covid-19

Sejak Senin lalu sekolah di Jambi mulai masuk kembali setelah belajar online selama lebih kurang tiga bulan. Beragam reaksi pun muncul

TRIBUN JAMBI/ALDINO
Smart Mom, Fifian bersama putrinya, Anindya. Fifian memilih tidak memaksa anaknya belajar terus-menerus, begitupun dalam menentukan jenjang pendidikan selanjutnya. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI -  Sejak Senin lalu sekolah di Jambi mulai masuk kembali setelah belajar online selama lebih kurang tiga bulan. Beragam reaksi pun muncul dari orangtua siswa karena saat ini masih belum bisa dikatakan aman dari pandemi covid-19.

Menurut Smart Mom, Fifian Elsa Marina yang berprofesi sebagai advokat ini masuk sekolah saat pendemi memang menimbulkan kekhawatiran bagi orangtua. Ia sendiri memiliki dua anak yang masih SMA yaitu Anindya Adristi Cundamani (17) dan Calya Shafa Ratnadewati (15).

“Mengkhawatirkan bagaimana anak bergaul di sekolah, tapi kalau anak-anak lama-lama di rumah belajarnya kurang maksimal,” ungkapnya.

Kembalinya anak ke sekolah juga tentunya dengan menggunakan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, handsanitizer, face shield, dan jaga jarak.

Ia mencerikatan selama di rumah dan mendampingi anak belajar sebenarnya tidak menemukan kesulitan karena anaknya termasuk mandiri dalam belajar. Sebagai orangtua menurutnya yang terpenting adalah memfasilitasi kebutuhan belajar anak.

Tidak Memaksa

KEWAJIBAN seorang pelajar tentunya adalah belajar. Untuk terus bisa belajar tentu juga perlu dukungan dari orangtua.

Namun tidak semua orang betah berlama-lama belajar bahkan harus dipaksa untuk belajar. Hal itu justru menimbulkan tekanan dan membuat ilmu tidak menyerap dengan maksimal.

Bagi Smart Mom, Fifian Elsa Marina seorang advokat, tidak perlu memaksa anaknya untuk belajar namun ia sering meberikan anak motivasi bahwa kunci kesuksesan salah satunya adalah rajin belajar.

“Tugas anak adalah belajar dan orangtua memfasilitasi. Saya juga memberikan kepercayaan kepada anak,” ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Nurlailis
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved