Breaking News:

Pemekaran Kecamatan Mandiangin Masih Proses di Kementerian, Tinggal Tunggu Waktu

Dua Kecamatan di Kabupaten Kerinci yaitu Kecamatan Tanah Cogok dan Kecamatan Danau Kerinci Barat sudah resmi dimekarkan.

net
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dua Kecamatan di Kabupaten Kerinci yaitu Kecamatan Tanah Cogok dan Kecamatan Danau Kerinci Barat sudah resmi dimekarkan. Kini tersisa satu Kecamatan di Sarolangun yang sedang berproses di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Karo Pemerintahan dan OTDA Setda Provinsi Jambi Rahmad Hidayat mengatakan, jika dua Kecamatan di Kabupaten Kerinci itu diresmikan pada 18 Februari 2020 lalu. Sedangkan di Sarolangun, lanjutnya pengajuan pemekaran yaitu di Kecamatan Mandiangin.

Kementrian ESDM Bangun Jargas untuk Ribuan Rumah di Jambi, di Sini Lokasinya

Mengapa Positif Corona Jambi Bisa Tambah 6 Orang? Total Menjadi 132 Orang

"Pemekaran Kecamatan Mandiangin sudah kita sampaikan rekom ke Mendagri, tinggal tunggu hasilnya. Tapi sampai dengan saat ini belum ada pemekaran untuk yang Kabupaten/kota," sampainya Sabtu (18/7/2020).

Rahmad menyebut, persyaratan untuk mengajukan pemekaran suatu wilayah Kecamatan itu sesuai PPRI No. 17 Tahun 2018 pasal 4 (1) ada empat yaitu jumlah penduduk, luas wilayah, usia minimal Kecamatan dan jumlah minimal desa/kelurahan.

"Jumlah desa itu minimal 5-10 dalam satu Kecamatan," pungkasnya.

Seperti diketahui, pemekaran wilayah (Kecamatan) dipandang sebagai sebuah terobosan untuk mempercepat pembangunan melalui peningkatan kualitas dan kemudahan memperoleh pelayanan bagi masyarakat. Dimana keinginan untuk menyediakan pelayanan publik yang lebih baik dalam wilayah kewenangan yang terbatas atau terukur. 

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved