Jangan Sampai Terlilit Utang Kartu Kredit, Ini Tips Menghindarinya

Bukan dosa besar Anda menggunakan kartu kredit untuk membayar tagihan belanjaan. Namun, Anda harus bijak

THINKSTOCKPHOTOS
Ilustrasi. Awas jangan sembrono berkartu kredit 

Tribunjambi.com, JAKARTA. Bukan dosa besar Anda menggunakan kartu kredit untuk membayar tagihan belanjaan. Namun, Anda harus bijak menggunakannya agar tidak sampai terlilit utang kartu kredit.

Sah-sah saja bila Anda menggunakan kartu kredit sebagai salah satu alat pembayaran. Karena, Anda bisa mendapatkan keuntungan ketika bertransaksi dengan kartu kredit.

 
Misalnya, Anda berkesempatan mendapatkan diskon 30% saat makan malam di restoran tertentu. Atau, Anda bisa mendapatkan fasilitas cicilan 0% ketika membeli ponsel pintar di gerai tertentu.

VIDEO 5 Gubernur Ini Jadi yang Terbaik Menangani Covid-19, Anies, Ganjar dan Khofifah Tak Masuk

Budi Raharjo, Financial Planner One Shildt mengatakan kartu kredit dapat mengamankan arus cash flow Anda. Karena, Anda tidak perlu merogoh kocek ketika ada pengeluaran mendadak. Misalnya, Anda dapat gunakan untuk membayar tagihan rumah sakit.

Namun, Anda harus ingat kartu kredit adalah utang bukan pendapatan tambahan. Sehingga, Anda wajib untuk membayar utang tersebut.

Bila Anda tidak menyelesaikan pembayaran utang tersebut tepat waktu. Dipastikan Anda akan merugi karena harus membayar bunga tagihan di bulan penagihan berikutnya.

Anda pun berpotensi terlilit utang kartu kredit bila tidak kunjung melunasinya. Jadi, Anda harus bijak menggunakan kartu kredit.

Bila Anda adalah pengguna baru kartu kredit. Simak ulasan berikut ini, agar Anda terhindar dari resiko lilitan utang kartu kredit.  

1. Bayar tagihan secara penuh

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membayar tagihan kartu kredit secara penuh.

Halaman
123
Editor: nani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved