Breaking News:

Inilah Rekam Jejak Pejabat Bareskrim yang Muluskan Jalan Djoko Tjandra Kabur

Nama Bareskrim Polri kembali tercoreng. Gara-garanya, salah satu pejabatnya membantu buronan Djoko Tjandra

Satpolpp.kalteng.go.id
Brigjen Pol Prasetijo Utomo 

Tribunjambi.com, Jakarta. Nama Bareskrim Polri kembali tercoreng. Gara-garanya, salah satu pejabatnya membantu buronan Djoko Tjandra

Nama Brigjen (Pol) Prasetijo (sebelumnya ditulis Prasetyo) Utomo ramai diperbincangkan baru-baru ini. Prasetijo merupakan pejabat di Bareskrim yang menerbitkan surat jalan untuk terpidana kasus pengalihan hak tagih Bank Bali yang masih buron, Djoko Tjandra.

6 Bulan Bea Cukai Jambi Gagalkan Penyelundupan Barang Ilegal Senilai Rp 3 Miliar Lebih

Surat jalan itu diterbitkan Prasetijo Utomo ketika menjabat sebagai Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri. Atas tindakannya itu, Prasetijo Utomo dicopot dari jabatannya untuk keperluan pemeriksaan lebih lanjut.

Sejak Rabu (15/7/2020), Prasetijo Utomo ditahan oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri di sebuah ruangan khusus selama 14 hari berikutnya untuk kepentingan pemeriksaan. Lalu, siapa sosok Prasetijo?

Prasetijo Utomo adalah jenderal polisi berbintang satu yang merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991. Prasetijo lahir di Jakarta pada 16 Januari 1970.

Dilansir dari Tribunnews.com, Prasetijo Utomo pernah menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Selatan. Ia juga diketahui pernah menduduki posisi Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Timur.

Jelang Pilkada Jambi 2020, Sudirman Ingatkan ASN untuk Netral

Sebelum posisi tersebut, ia didapuk sebagai Kapolres Mojokerto, Jawa Timur. Prasetijo Utomo pernah menjabat sebagai Kabag Kembangtas Romisinter Divhubinter Polri. Kemudian, akhirnya ditunjuk sebagai Karo Korwas PPNS di Bareskrim Polri.

Desas-desus di Kalangan PNS Gaji ke-13 Tak Bakal Cair, Ini Alasannya

Surat jalan untuk Djoko Tjandra awalnya diungkap oleh Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman. Surat itu pun dilaporkan oleh Boyamin ke Ombudsman RI pada Senin siang dan ke Komisi III DPR RI pada Selasa (14/7/2020).

BREAKING NEWS - Komedian Senior Omaswati Dikabarkan Meninggal Dunia

Keesokan harinya, pada Rabu (15/7/2020), giliran Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane membeberkan bahwa surat itu dikeluarkan oleh Bareskrim Polri melalui Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS. Dari data yang diperoleh IPW, surat bernomor SJ/82/VI/2020/Rokorwas tertanggal 18 Juni 2020 tersebut ditandatangani oleh Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri Brigjen (Pol) Prasetijo Utomo.

Halaman
12
Editor: nani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved