Breaking News:

Berita Internasional

Jepang Beli Jet Tempur Siluman F-35, Taiwan Rudal Patriot, China Mendadak Was-was, AS Ikut Campur

Jepang Beli Jet Tempur Siluman F-35, Taiwan Rudal Patriot, China Mendadak Was-was, AS Ikut Campur

ist
Ilustrasi jet tempur 

TRIBUNJAMBI.COM - Dua tetangga China ini kerap menjadi sasaran intimidasi kekuatan militer Negeri Tirai Bambu mendapat persenjataan baru dari Amerika Serikat.

Mereka adalah Jepang dan Taiwan, setelah China menggelar latihan perang di Laut China Selatan dan Laut China Timur, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengumumkan penjualan senjata pada Jepang dan Taiwan.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) pada Kamis (9/7/2020) menyetujui penjualan 105 jet tempur siluman F-35 ke Jepang dengan perkiraan biaya US$ 23 miliar.

Penjualan jet tempur canggih generasi kelima 105 F-35 ini merupakan penjualan alutsista AS terbesar kedua pada negara sekutu setelah penjualan F-15SA Advanced Eagles ke Arab Saudi pada 2010 sebesar $ 29,4 miliar.

Selain itu, jika seluruh pesanan F-35 ini sampai ke tangan Jepang (butuh 25 tahun untuk memenuhi semua pesanan Jepang), maka Jepang menjadi negara di luar AS yang terbanyak mengoperasikan jet siluman ini. 

Dari 105 F-35 ini, sebanyak 42  unit merupakan varian F-35B Short Take-Off dan Vertical Landing (STOVL), yang nantinya berbasis di dua kapal induk Jepang Izumo dan Kaga.

Kapal induk JS Izumo mulai beroperasi Maret 2015, kini menjalani perombakan agar bisa menggendong F-35B dan diperkirakan akan beroperasi tahun ini.

Adiknya JS Kaga, mulai Maret 2017, akan menjalani perombakan dari kapal induk helikopter menjadi kapal induk jet tempur pada 2022.

Dua kapal induk Jepang JS Izumo dan JS Kaga yang disulap menggendong jet tempur F-35B
Dua kapal induk Jepang JS Izumo dan JS Kaga yang disulap menggendong jet tempur F-35B (kyodo)

Enggan Lapor Karena Dianggap Aib, Orangtua di Sini Anggap Kasus Kekerasan Seksual Hal Biasa

Proyek Berbiaya Besar Ditunda, Wapres Proyeksi Indonesia Pulih 2022

Bank Digital BCA Segera Meluncur, Sudah Kantongi Restu OJK

Pertahanan mengingat Jepang sudah berkali-kali dites jet tempur dan kapal-kapal perang China.

Menteri Pertahanan Jepang Taro Kono, blak-blakan, tiap hari jet tempurnya mengusir jet tempur China yang mencoba masuk ruang udara Jepang.

Halaman
1234
Editor: ekoprasetyo
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved