Breaking News:

Pasien Corona Bertambah Satu

Provinsi Jambi Kini Bisa Lakukan Uji Swab Mandiri

Provinsi Jambi kini telah bisa melakukan uji swab mandiri. Swab mandiri ini dilakukan di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi.

Tribunjambi/Zulkifli
Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Reflizar. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI –Provinsi Jambi kini telah bisa melakukan uji swab mandiri. Swab mandiri ini dilakukan di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi. Ini setelah tim gugus tugas mendapat surat balasan dari Kemenkes RI, bahwa pemeriksaan swab di Jambi sudah bisa dimulai.

“Kita sudah melakukan pengiriman beberapa swab ke Balai POM,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Reflizar.

Dijelaskanya, sebelumnya Pemprov Jambi telah melakukan uji swab sendiri untuk uji pemantapan mutu eksternal laboratorium.

Setidaknya harus ada 10 swab negatif yang dikirim ke Libangkes dan 20 swab positif ke Litbangkes. Ini bertujuan untuk validasi kebenaran data.

Kisah Kepala Sekolah Inspiratif, Nuraini: Pandemi Membuat Kami Lebih Kuat

Lama Sembuh, Satu PDP Covid-19 Tewas Setelah Terjun Dari Lantai 3 Rumah Sakit Umum

“Nanti di sana akan dilakukan pemeriksaan kembali, jangan sampai nanti di sini hasinya negatif, namun di Litbangkes hasilnya positif,” tambahnya.

Kata dia, keamanan kepada masyarakat lebih penting, hasil uji swab yang akan dilakukan nantinya tidak ada kesesuaian yang malah merugikan pasien itu sendiri. “Ini yang harus kita hindari, sehingga kita harapkan pemeriksaan di BPOM bisa valid,” sebutnya.

Nantinya, hasil uji swab tersebut juga akan dilakukan pengiriman ke Libangkes, yang akan di umumkan oleh Kemenkes. Hal ini tentunya akan mempercepat proses swab.

“Sebelumnya kita membutuhkan waktu selama dua minggu, namun kalau sudah bisa uji swab bisa di ketahui beberapa jam saja,” pungkasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved