Breaking News:

Warga Resah Dua Beruang Muncul di Pekarangan Rumah, BBKSDA Langsung Pasang Perangkap

Dua beruang berkeliaran di permukiman warga Kampung Sengkemang, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau, Selasa (7/7/2020).

(Dok BBKSDA Riau)
Petugas BBKSDA Riau memasang perangkap untuk menangkap dua ekor beruang yang berkeliaran di permukiman warga Kampung Sengkemang, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau. 

TRIBUNJAMBI.COM - Dua beruang madu bekeliaran, hingga masuk ke permukiman warga. Hal itu membuat warga menjadi resah. 

Lantaran membuat warga resah, Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memasang perangkap untuk menangkap dua ekor beruang (Helarctos malayanus) itu.

Dua beruang berkeliaran di permukiman warga Kampung Sengkemang, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau, Selasa (7/7/2020).

Pemasangan perangkap bertujuan untuk menangkap dan mengevakuasi satwa dilindungi, sebagai langkah antisipasi konflik satwa dengan manusia.

Ibu Muda di Madura Bunuh Diri Lantaran Malu Jadi Korban Pemerkosaan Tujuh Pemuda

Miniatur Sepeda Buatan Pemuda Karawang Ini Mendua, Pebalap Alex Marquez Pun Ikut Memesan

Isu Presiden Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet Mencuat, Begini Sikap Prabowo Subianto dan Airlangga

"Tim melakukan pemasangan perangkap di jalur kemunculan satwa beruang didampingi Babinkamtibmas, Babinsa, Aparat Desa, tokoh masyarakat dan masyarakat Kampung Sengkemang," ujar Humas BBKSDA Riau Dian Indirati kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Selasa.

Dian mengatakan, dua ekor beruang terdiri dari induk dan anaknya sudah beberapa hari berkeliaran di pekarangan rumah warga.

Tak hanya sekadar muncul, beruang tersebut memangsa tujuh ekor ternak ayam warga sekitar.

Otomatis keberadaan satwa berbulu hitam itu membuat warga resah. Apalagi, satwa di lindungi itu tak akan segan-segan menyerang manusia apabila dalam kondisi terdesak.

"Tim mengimbau masyarakat untuk tidak panik, selalu berhati-hati dan menghubungi petugas jika satwa terperangkap ataupun muncul kembali di lokasi yang lain," pungkas Dian.

Diberitakan sebelumnya, dua ekor beruang (Helarctos malayanus) dilaporkan berkeliaran di permukiman warga Kampung (Desa) Sengkemang, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau.

Pupus Harapan Untuk Jadi CPNS, Pemerintah Pastikan 2020 dan 2021 Tidak Ada Penerimaan Pegawai

Beruntungnya Tukang Pijat 44 Tahun Ini, Nikahi Gadis 12 Tahun, Lamaran Sempat Ditolak Mertua

Norwegia Beri 56 Juta Dolar Pada Indonesia, Setara 813 Miliar Rupiah, Terkait Perubahan Iklim

Halaman
12
Editor: rahimin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved