Breaking News:

Limbah Medis Ditemukan Mengapung di Danau Sipin, DLH Jambi Sebut Pelaku Bisa Kena Sanksi

Limbah medis dibuang sembarangan di Danau Sipin, Kota Jambi. Pihak Dinas Lingkungan Provinsi Jambi menyayangkan ulah oknum tak bertanggungjawab.

Tribunjambi/Zulkifli
Limbah medis ditemukan mengapung di Danau Sipin, tepatnya di Rt 23 Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi Selasa (7/7/2020). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Limbah medis dibuang sembarangan di Danau Sipin, Kota Jambi. Pihak Dinas Lingkungan Provinsi Jambi menyayangkan ulah oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Evi Primawati dikonfrimasi tribunjambi.com mengatakan, bahwa limbah medis itu masuk kategori berbahaya dan tidak boleh dibuang sembarang.

"Sampah biasa saja tidak boleh dibuang sembarangan, apalagi limbah medis seperti itu," kata Evi, selasa (7/72020).

Lanjut dia, penanganan limbah medis memiliki prosedur dan standar tersendiri. Setiap rumah sakit harus memiliki incinerator atau pengolahan limbah medisnya.

Limbah Medis Ditemukan Mengapung di Danau Sipin, Warga Kota Jambi Khawatir Terpapar Covid-19

Antispasi Karhutla, Sarolangun Tambah Armada Damkar Baru

"Kalau dia tidak memilki incinerator pasti dia melakukan kerja sama dengan transporter. Karena pasti dilakukan pembinaan dan pengawasan. Tidak mungkin dia tidak ada kerjasama, pasti sudah ditutup," sebutnya.

Namun menurutnya, ulah oknum seperti ini sangat disayangkan, padahal sudah sering dilakukan pembinaan. Apalagi musim covid seperti ini, seharusnya lebih ketat lagi dalam pengolahan limbahnya.

Jika ada pihak rumah sakit yang terbukti sengaja membuang limbah medis sembarangan maka bisa dikenakan sanksi. Pertama-tama berupa teguran tertulis, pembinaan, kemudian paksaan pemerintah berupa pencabutan izin.

"Bisa masuk kategori pidana juga," pungkasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved