Breaking News:

Berita Internasional

Lawan China, India Makin Garang Usai Perancis Kirim Lebih Awal Jet Tempur Rafale Pesanannya

Lawan China, India Makin Garang Usai Perancis Kirim Lebih Awal Jet Tempur Rafale Pesanannya

beforeitsnews.com
(Ilustrasi) jet tempur 

TRIBUNJAMBI.COM - Punya masalah dan ketegangan dengan China, militer India mendapat kabar gembira berkat kemurahan hari Perancis.

Setidaknya empat jet tempur Rafale dari 36 unit pesanan Angkatan Udara India (IAF) akan mendarat di Ambala, Haryana, India, 27 Juli 2020.

Dan yang paling menggembirakan IAF adalah jet tempur Rafale yang tiba lebih awal dari perkiraan, sudah kondisi siap tempur.

Artinya jet tempur Rafale milik sudah dilengkapi rudal canggih Meteor dan SCALP, yang dianggap menjadi game changer, saat menghadapi jet tempur China.

Padahal rudal canggih Meteor dan SCALP yang disematkan pada Rafale India seharusnya diperuntukkan bagi jet tempur Angkatan Udara Perancis.

“India dan Perancis sepakat 27 Juli 2020 untuk pengiriman pesawat. Empat pesawat pasti akan datang sementara sedang diupayakan untuk enam jet datang, ” kata seorang sumber seperti dilansit media India, the print, Senin (29/6/2020).

Menurut sumber ini, jet dapat digunakan untuk pertempuran lebih cepat dari perkiraan karena Perancis telah mengalihkan beberapa rudal canggih game changer - Meteor dan SCALP - AU Perancis ke jet Rafale India.

Rudal mematikan Meteor and SCALP yang digendong jet tempur Rafale
Rudal mematikan Meteor and SCALP yang digendong jet tempur Rafale (facebook)

Seharus rudal canggih game changer - Meteor dan SCALP dikirimkan beberapa bulan setelah pengiriman jet tempur.

Semula ada kekhawatiran kedatangan jet tempur Rafale India bisa tertunda akibat pandemi Covid-19.

Menurut rencana, jet Rafale akan lepas landas dari Istres Perancis dan terbang ke pangkalan udara Perancis di Al Dhafra dekat Abu Dhabi, UEA.

Halaman
1234
Editor: Andreas Eko Prasetyo
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved