IHSG

Emiten Erick Thohir Masuk Zona Gocap, Lima Saham Terjerembab saat IHSG Naik

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama hampir tiga bulan terakhir ini cenderung menguat. Namun, beberapa saham justru

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Karyawan mengamati layar yang menampilkan informasi pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (26/6). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 7,36 poin atau 0,15 persen di level 4.904,09 pada perdagangan akhir pekan ini. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama hampir tiga bulan terakhir ini cenderung menguat. Namun, beberapa saham justru terus melemah hingga masuk ke zona saham gocap. Salah satunya saham emiten milik Menteri BUMN Erick Thohir.

IHSG telah merangkak naik sekitar 8% sejak akhir April hingga akhir pekan lalu ketika IHSG ditutup melemah 0,05% ke level 4.901,82.

Namun berkebalikan dengan tren penguatan IHSG, ada lima saham yang justru terjerembab ke zona saham gocap alias harganya di kisaran Rp50 per saham. Kelima saham itu antara lain saham MYTX, CTTH, ABBA, SATU, dan HOTL.

Pada 31 Maret 202, saham MYTX masih berada di level Rp67 per saham, saham CTTH di posisi Rp52 per saham. Kemudian, saham ABBA ada di level Rp51 per saham. Sedangkan saham SATU dan HOTL sebelumnya berada pada level Rp54 dan Rp100 per saham. Namun, kini, harga keempat saham itu berada di posisi Rp50 per saham.

Direktur CSA Institute Aria Santoso menjelaskan, rendahnya minat pelaku pasar mengoleksi kelima saham tersebut menjadi alasan mengapa kelimanya masuk ke zona saham gocap.

Penurunan harga tersebut juga bisa dibilang tidak berkaitan dengan pandemi Covid-19. "Beberapa emiten belum mampu menunjukkan kinerja yang memuaskan sepanjang tahun 2019," ujar Aria, Senin (29/6).

PT Mahaka Media Tbk (ABBA), misalnya, mencatat kenaikan pendapatan 18% secara tahunan menjadi Rp251 miliar pada akhir 2019. Namun, kerugian perusahaan milik Menteri BUMN Erick Thohir ini meningkat 71% menjadi Rp 32,54 miliar.

Saham ABBA sebetulnya sudah lama berada di level gocap. Harga saham ABBA mulai mendaki pada 2018 lalu setelah Erick Thohir ditunjuk menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf pada September 2018.

Saat itu, harga saham ABBA sempat mendaki hingga ke posisi Rp195 per saham.

Namun, harga saham ABBA kembali turun setelah Erick Thohir dilantik menjadi Menteri BUMN pada Oktober 2019 lalu hingga kembali berada di zona gocap sejak Maret lalu.

Halaman
12
Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved