Tingkat Kemiskinan Terendah ke-2,  BPS Muarojambi: Penyuplay Pertama untuk Kota Jambi

Angka kemiskinan yang rendah bukan berarti kesejahteraan masyarakatnya menjadi baik, tingkat kesejahteraan masyarakat

Tribunjambi/Hasbi
Kepala BPS Muarojambi Irna Afrianti 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Angka kemiskinan yang rendah bukan berarti kesejahteraan masyarakatnya menjadi baik, tingkat kesejahteraan masyarakat dipengaruhi oleh banyak faktor penentu.

Tingkat kemiskinan yang rendah terdapat berbagai indikatornya. Misalnya pertumbuhan ekonomi, inflasi, pendapatan perkapita masyarakat, ketimpangan pendapatan dan sebagainya.

Kepala BPS Muarojambi Irna Afrianti mengatakan, tingkat kesejahteraan masyarakat Kabupaten Muarojambi termasuk yang terbaik di antara kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi.

"Untuk kemiskinan kita terendah posisi kedua setelah Kota Sungai Penuh, bedanya penduduk mereka lebih sedikit yang miskin dibandingkan kita Muarojambi," jelasnya, Senin (29/6).

Ia juga mengatakan, sektor pendukung yang menekan angka kemiskinan di Kabupaten Muarojambi kemungkinan karena dekat wilayah Kota Jambi, masih bersentuhan degan sektor perdagangan dan jasa.

"Namun pada hakikatnya kita Kabupaten Muarojambi sektor yang lebih berpotensi yaitu sektor pertanian dan perkebunan, seperti sawit daerah Bahar, karet daerah ness dan tanaman hortikultura lainnya di Sungai Gelam," terangnya.

Ia juga mengatakan sebenarnya untuk wilayah Kabupaten Muarojambi sangat bagus potensi kemajuan dan bisa menekankan angaka kemiskinannya.

Bisa dilihat di sisi pertaniannya cukup bagus dan menjadi sektor pendukung lainnya, seperti perternakan, dan hortikultura buah-buahan. Muarojambi juga merupakan suplay pertama ke Kota Jambi untuk kebutuhan tersebut.

"Ini tergantung pada per wilayahnya masing-masing, kecamatan yang berbeda, Kecamatan Jaluko seperti Mendalo sudah jelas ya itu sektornya perdagangan, jasa, properti dan daerah lainnya seperti Taman Rajo akan masuk kawasan industri," tutup Irna.

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved